Serba serbi

E-Sport Competition MLBB 2023 Pradita Dirgantara Berhadiah Rp40 Juta, Undang 213 Tim se-Jateng

Olahraga

19 Juni 2023 13:43 WIB

Tim E-Sport Mobile Legend Bang Bang (MLBB) di Jawa Tengah (Jateng) bertanding secara offline di ajang PD Cup E-Sport 2023 di auditorium SMA Pradita Dirgantara Solo, Minggu (18/06/2023)

SOLO, solotrust.com - Sebanyak 32 tim E-Sport Mobile Legend Bang Bang (MLBB) di Jawa Tengah (Jateng) bertanding secara offline di ajang PD Cup E-Sport 2023 di auditorium SMA Pradita Dirgantara Solo, Minggu (18/06/2023). Peserta merupakan tim yang masuk 32 besar dari 213 tim yang bertanding sebelumnya secara online.

E-Sport Competition Mobile Legend  2023digelar SMA Pradita Dirgantara merupakan rangkaian acara Carnival Education Arts and Culture (CEAC) yang digelar untuk memperingati lima tahun SMA terbaik ketiga di Indonesia itu. Kompetisis ini juga didukung Indonesia E-Sport Association (IESPA) Jawa Tengah serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Solo.



Keluar sebagai juara 1, tim Susu Kebo dari Klaten, juara 2 tim IESPA Pati, dan juara 3 Yaphar Veteran Semarang serta juara 4 dari tim Ch x Esi Magelang. 

Direktur Utama SMA Pradita Dirgantara, AP Tarigan, mengatakan kompetisi ini lebih menunjukkan prestasi, sekaligus sebagai hadiah bagi pendidikan di Indonesia. 

"Kami ingin semakin terasa efek baiknya SMA Pradita Dirgantara angkatan pertama, angkatan kedua. Di tahun ini kami akan masuk ke tahun angkatan ketiga," tambahnya di sela kompetisi.

Tarigan juga mengatakan, keberadaan SMA Pradita Dirgantara yang berada di Boyolali menjadi investasi luar biasa. Hal ini ditunjukkan dari prestasi ditorehkan para siswa.

"Seperti diketahui, ada siswa yang bisa tembus di sebelas universitas top dunia. Jadi ini semacam ucapan syukur atas pencapaian selama ini," ungkapnya.

Ketua Panitia E -Sport Competition, Pascalis Fajar, menambahkan jumlah total peserta E-Sport Competition sebanyak 1200 orang dari 213 tim.

"Total hadiah Rp40 juta/. Juara 1 mendapat Rp20 juta, juara 2 mendapat Rp12 juta, dan juara 3 mendapat Rp7 juta," urai siswa kelas 11 SMA Pradita Dirgantara ini.

Kompetisi E-Sport Mobile Legend Bang Bang sengaja dipilih karena menurutnya gim ini memiliki kontinuitas lebih tinggi dibanding gim lainnya. Selain itu juga mendapat atensi tinggi dari masyarakat.

Sementara itu, Ketua Umum IESPA Jateng, BRM Suryo Adhityo Nuswantoro, mengatakan turnamen diselenggarakan SMA Pradita Dirgantara sebagai salah satu upaya pembinaan dan penjaringan atlet.

"Pembinaan dilakukan contohnya seperti melalui turnamen ini. Kami ambil siswa SMP dan SMA supaya mereka bisa aktif untuk partisipasi dan juga nanti akhirnya terjaring sejak dini," terangnya.

Turnamen juga dihadiri Ketua Harian Indonesia E-Sport Association (IESPA) Jawa Tengah Zinedine Alam Ganjar serta Ketua Kadin Solo Ferry Sephta Indrianto. (riz)

(and_)