Pend & Budaya

SMPN 1 Tasikmadu Luncurkan Majalah Sketsa

Pend & Budaya

26 Juni 2023 15:01 WIB

Acara peluncuran majalah Sketsa di halaman SMP Negeri 1 Tasikmadu, Senin (26/06/2023)

KARANGANYAR, solotrust.com - SMPN 1 Tasikmadu Kabupaten Karanganyar menuangkan jurnal dalam majalah diberi nama Sketsa atau Sentra Kreativitas SMPN Satu Tasikmadu. Majalah ini diproduksi secara mandiri oleh peserta didik di sekolah tersebut.

Para penggarap majalah diberi kebebasan menuangkan ide dan gagasan serta kreativitas mengelola produk jurnalistik. Hal itu disampaikan Kepala SMPN 1 Tasikmadu, Surono kepada wartawan usai peluncuran majalah Sketsa di halaman sekolah setempat, Senin (26/06/2023).



Surono menyampaikan, pembuatan majalah sesuai program kurikulum Merdeka diberlakukan pada tahun ajaran ini.

"Semua kegiatan sekolah dapat tersosialisasi, terlebih SMPN 1 Tasikmadu berorientasi bakat dan minat siswa seperti olahraga dan seni," ungkapnya.

Edisi perdana majalah Sketsa memuat tentang profil sekolah, prestasi peserta didik, dan karya tulis. Rencananya, majalah ini diterbitkan per semester.

Jika mendapatkan respons bagus bukan tidak mungkin penerbitannya akan ditambah menjadi per triwulan. Adapun untuk kerja redaksi akan dibantu praktisi pers lokal. Sebanyak 30 peserta didik kelas VII menjadi embrio redaksi majalah Sketsa.

"Majalah Sketsa ini menjadi wadah peserta didik mengasah keahlian menulisnya. Pengalaman menulisnya menjadi bekal kelak bekerja profesi di dunia pers," papar Surono.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Yopi Eko Jatiwibowo, menjelaskan dalam kurikulum Merdeka seluruh kepala sekolah diminta mengembangkan kreativitas peserta didik. Pihak sekolah boleh menyelaraskan aktivitas dengan program tersebut.

Ia berharap setelah membuat majalah fisik atau cetak nantinya bisa dikembangkan ke media elektronik atau online.

'Itu harus terus didorong. Kalau tidak praktik di lapangan, maka tidak akan mengerti dengan hanya teori di dalam kelas," ujar Yopi Eko Jatiwibowo.

Peluncuran majalah Sketsa  sendiri dilakukan dengan simbolis menerbangkan puluhan balon ke udara. Acara ini dihadiri kepala Disdikbud Karanganyar beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Tasikmadu di halaman SMP Negeri 1 Tasikmadu. (joe)

(and_)