Serba serbi

4 Hal Harus Kamu Ketahui ketika Ingin jadi Pro Player Mobile Legends

Olahraga

04 Juli 2023 15:05 WIB

Mobile Legends (Foto: Dok. solotrust.com/Fadhilatul Kholifi)

Solotrust.com - Electronic sport (Esport) merupakan salah satu cabang olahraga menggunakan perangkat elektronik, seperti smartphone, game console atau PlayStation (PS), komputer, dan lain sejenisnya. Esport kini semakin banyak peminatnya, baik dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan dewasa.

Salah satu esport kini menjadi cabang olah raga (Cabor) dalam Sea Games dan Asian Games adalah Mobile Legends. Mobile Legends merupakan permainan video dimainkan dengan menggunakan smartphone.



Gameini berjenis MOBA yang dimainkan secara bersama-sama. Game ini terdiri atas dua kelompok atau tim, masing-masing terdapat lima players.

Nah buat kalian yang pengin menekuni esport perlu diketahui apa aja sih yang harus dipahami untuk menjadi player profesional. Penasaran? Berikut ulasannya.

1. Device atau Perangkat Memadai

Devicemerupakan salah satu komponen sangat penting dalam memainkan Mobile Legends. Device dimaksud adalah smartphone atau telepon pintar  yang memiliki spesifikasi mumpuni untuk memainkan game ini.

Jika memainkan game ini menggunakan smartphone di bawah standar, grafik akan mengalami drop dan membuat permainan pun menjadi tidak sesuai dengan harapan players. Alhasil, orang yang tak dapat menahan emosi atau kehilangan kesabaran bukan tidak mungkin akan membanting smartphone-nya. Dengan demikian, strategi hendak dilakukan menjadi tidak terlaksana lantaran kurang memadainya perangkat yang dimiliki.

2. Sinyal atau Ping

Sinyal atau ping dalam game Mobile Legends juga mempunyai pengaruh sangat besar untuk memperoleh hasil maksimal. Semakin kecil ping didapat akan memperlancar dan memepercepat respons pergerakan atau movement maupun respons skill.

Pingdihasilkan dari setiap sinyal pun berbeda-beda. Ketika menggunakan SIM card, seperti Telkomsel, Indosat, maupun kartu lainnya, rata-rata ping didapat berkisar antara 30-60ms, bahkan bisa lebih.

Sementara rata-rata ping dihasilkan dari Wi-Fi berkisar antara 10-22ms, bahkan ada yang mencapai 1ms. Karenanya, ketika ingin menekuni bidang esport ini disarankan untuk memakai Wi-Fi agar mendapatkan hasil maksimal.

3. Tim

Membentuk tim atau kelompok juga menjadi faktor penting untuk menekuni bidang esport ini. Pasalnya game ini dimainkan secara kelompok bukan soloplayer. Memainkan game ini dalam sebuah kelompok akan membentuk ikatan saling percaya antara satu personel dengan personel lainnya, sehingga tim menjadi solid dan terarah untuk mencapai kemenangan.

4. Latihan

Latihan merupakan hal harus dilakukan untuk menjadi pro player. Dalam latihan ini bisa dilakukan dengan tim atau pun bermain secara random. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pengalaman dan melatih jari supaya terbiasa dengan role hero yang dipakai.

*) Penulis: Fadhilatul Kholifi

(and_)