Hard News

Tingkatkan Ekonomi Desa, Pengurus BUMDes di Boyolali Ikuti Pelatihan Pemandu Wisata Outbound

Jateng & DIY

10 Juli 2023 17:05 WIB

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali menggelar pelatihan pemandu wisata buatan outbound guna meningkatkan perekonomian tingkat desa. (Foto: Dok. solotrust.com/jaka)

BOYOLALI, solotrust.com - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali menggelar pelatihan pemandu wisata buatan outbound guna meningkatkan perekonomian tingkat desa.

Kegiatan digelar selama empat hari di Selo ini diikuti sekira 40 peserta dari perwakilan pengurus badan usaha milik desa (BUMDes) di wilayah Boyolali. Kepala Disporapar Kabupaten Boyolali, Budi Prasetyaningsih menjelaskan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi agar dapat memenuhi standar kerja nasional dalam bidang kemampuan outbound.



“Kegiatan ini digelar selama empat hari. Dua hari teori dan dua harinya praktik langsung lapangan,” katanya kepada wartawan, Senin (10/07/2023).

Melalui pelatihan ini, Kabupaten Boyolali diharapkan bisa memiliki tenaga profesional di bidang pemandu wisata desa yang hubungannya dengan outbound.

“Peserta diharapkan bisa menyosialisasikan kepada pengurus desa wisata yang lain sehingga ekonomi pedesaan dapat meningkat,” harap Budi Prasetyaningsih.

Salah satu peserta yang merupakan pengurus desa wisata Tanduk Sejahtera Kecamatan Ampel, Sri Hariyanti mengungkapkan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para pengurus desa wisata.

“Nantinya bisa belajar sedikit demi sedikit agar dapat menggelola outbond. Outboundnya diperkuat biar lebih menarik desa wisata di desa kami,” ucap dia. (jaka)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya