Serba serbi

7 Objek Wisata Mata Air Alami di Kota Seribu Umbul

Wisata & Kuliner

28 Juli 2023 12:03 WIB

Salah satu destinasi wisata air (umbul) di Kabupaten Klaten. (Foto: Dok. solotrust.com/Nadia Rahma)

KLATEN, solotrust.com - Klaten merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Daerah ini dapat dikatakan sebagai kota dengan seribu umbul lantaran banyaknya mata air dimiliki.

Umbul sendiri merupakan kolam yang dikembangkan menjadi wisata air alami di mana airnya sangat jernih dan menyegarkan.



Kabupaten Klaten menyimpan banyak pesona menakjubkan dan tersembunyi sehingga masih banyak orang belum mengetahui keindahannya.

Berikut tujuh rekomendasi destinasi wisata air alami di Kabupaten Klaten.

1. Umbul  Sigedang

Umbul Sigedang menjadi tempat wisata recommended buat relaksasi jiwa dan pikiran dengan pesona kesegaran alamnya. Banyak pula spot foto menarik dan Instagramable di tempat ini, didukung fasilitas memadai.

Umbul Sigedang memang nggak begitu luas, namun kalian bisa menikmati jernihnya air hingga dapat melihat dasar kolam dengan jelas. Umbul Sigedang merupakan mata air yang juga dimanfaatkan untuk diolah menjadi air mineral dalam kemasan.

Umbul Sigedang berada di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Tempat ini buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp5000.

2. Umbul  Ponggok

Umbul Ponggok merupakan destinasi wisata kekinian yang hits dalam beberapa tahun terakhir. Wisata air ini memang sangat keren dan banyak kegiatan menarik dapat dilakukan pengunjung. Selain itu, lokasi gampang diakses dan murahnya harga tiket masuk juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, Umbul Ponggok memiliki sejumlah fasilitas menarik, mulai dari kolam mata air, snorkeling, spot foto underwater, kolam anak anak, perahu kayuh, prewedding, hingga jadi sarana quality time bareng keluarga.

Umbul Ponggok berlokasi di Jalan Raya Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Destinasi wisata ini buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dengan harga tiket masuk dibanderol Rp10.000 (weekdays) dan Rp15.000 (weekend/libur nasional).

3. Umbul  Asri

Umbul Asri dikenal sebagai pemandian air super wah dan keasrian tempatnya. Kendati terbilang cukup mewah, namun tempat ini terbilang cukup murah buat disambangi dan bisa langsung menikmati semua fasilitas yang ada.

Kolam renang di Umbul Asri terdiri atas beberapa bagian. Ada yang khusus buat orang dewasa, kolam renang anak-anak, dan juga khusus untuk perenang muslimah. Karenanya, tempat ini sangat cocok untuk berlibur bareng keluarga.

Umbul Asri bisa dijumpai di Jalan Raya Tegalgondo Pulon No. 88, Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten.

Tempat wisata ini buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB dengan harga tiket masuk cuma Rp3000.

4. Umbul Besuki

Umbul Besuki masih termasuk wisata air baru. Ta tempat ini dibuka tiga tahun lalu, tepatnya di awal 2020. Saat berwisata ke Umbul Besuki, pengunjung dapat mandi dengan mata air jernih dan suasana pepohonan rindang. Tempat ini memiliki tiga kolam, yakni satu kolam besar dan dua kolam kecil untuk anak-anak.

Umbul Besuki berada di Dukuh Kiringan, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Tempat ini bisa dikunjungi mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB dengan harga tiket masuk hanya sebesar Rp5000.

5. Umbul Nilo

Umbul Nilo menjadi rekomendasi tepat buat kamu yang pengin berendam untuk menenangkan pikiran dengan merasakan sejuk dan dinginnya air pegunungan alami. Ada dua jenis kolam di tempat ini, yakni kolam utama dan kolam anak-anak.

Selain berenang, saat berada di Umbul Nilo ini pengunjung akan disajikan pemandangan indah dan spot foto sangat estetis.

Umbul Nilo berlokasi di area kebun/sawah Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten. Tempat ini dibuka untuk pengunjung mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB dengan membayar tiket masuk Rp5000.

6. Umbul  Manten

Namanya memang unik, yakni Umbul Manten atau dalam bahasa Indonesia artinya pengantin. Kendati begitu, bukan berarti tempat wisata ini nggak menarik lho. Airnya yang bening bisa membuat pengunjung terlena.

Sebagai destinasi wisata, Umbul Manten masih sangat kental dengan nuansa alami dan mernyatu dengan alam. Air di tempat  ini juga menghadirkan kesejukan khas lantaran selalu mengalir setiap saat. Selain itu, di sekitaran umbul juga terdapat pohon Ipik yang rindang.

Umbul Manten dapat disambangi di Jalan Janti Boto, Dukuh Boto, Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten.

Tempat ini buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp10.000.

7. Umbul Siblarak

Umbul Siblarak termasuk salah satu destinasi wisata masih sangat baru. Di sini ada dua jenis kolam, yakni kolam yang sudah berlantai ubin sehingga tampak jelas kejernihanya, dan kolam yang sengaja dibiarkan seperti aslinya sehingga lebih alami.

Di Umbul Siblarak, pengunjung juga dapat bermain wahana yang memacu adrenalin, seperti flying byur, ATV, dan mini trail.

Umbul Siblarak berlokasi di Gondang, Jatirejo, Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Tempat ini buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dengan tiket ditawarkan sebesar Rp5.000.

Nah, buat kalian yang tinggal di Klaten wajib datang ke sini guna melihat pesona keindahannya. Sementara bagi kalian yang di luar daerah Klaten, yuk langsung gas main ke umbul dan rasakan sensasi berenang di sini.

*) Penulis: Nadia Rahma/Ade Dama

(and_)