Serba serbi

12 Makanan Khas Italia yang Bisa Kamu Nikmati, Dijamin Nagih

Wisata & Kuliner

03 Agustus 2023 18:31 WIB

Pizza yang merupakan salah satu makanan khas Italia. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

Solotrust.com – Makanan Italia selalu memiliki ciri khas unik, misalnya saja dengan rasa saus tomat yang selalu ada dalam sajiannya.

Makanan khas Negeri Pizza juga cocok disantap kapan-pun, mengingat proses pengolahannya cukup ringan, namun tetap berkarbohidrat. Hal inilah yang bikin sajian Italia bisa jadi pilihan untuk dinikmati kapan saja dan oleh beragam kalangan.



Di Indonesia sendiri cukup banyak restoran Italia yang siap memanjakan lidah para penikmat kuliner. Ya, cita rasa masakan Eropa, khususnya Italia memang masuk dengan lidah orang Indonesia. Menu-menunya diracik dengan bumbu strong sehingga tak jauh berbeda dengan cita rasa makanan Indonesia yang kaya rempah.

Makanan khas Italia dikenal punya cita rasa lezat, bahkan beberapa di antaranya memiliki reputasi internasional, seperti pizza, lasagna, dan carbonara. Negara ini juga cukup populer dengan es krim gelato-nya yang punya aneka rasa.

Nah, buat kamu yang pengin tahu lebih jauh aneka makanan populer dari Italia, berikut daftarnya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pasta

Ciri khas makanan Italia rata-rata terbuat dari pasta. Negara di belahan Benua Biru ini menyediakan aneka macam sajian dari bahan pasta seperti carbonara. Ada pula pasta gnocchi, yang ditambahkan saus tomat, sosit, dan rempah kunyit.

2. Risotto

Tak melulu pasta, masakan khas Italia ada pula yang sedikit berkuah seperti risotto. Menu ini terbuat dari nasi gandum, kaldu ayam, daging sapi, dan sayuran.

3. Pizza

Pizza termasuk salah satu makanan khas Italia yang sangat populer di Indonesia. Ada berbagai topping pilihan ditambahkan di atasnya, seperti keju, daging asap, sosis, bakso, dan masih banyak lagi.

4. Polenta dan Daging yang diawetkan

Italia bagian Utara dikenal punya hidangan khas untuk musim tertentu, salah satunya polenta. Bahan makanan ini terdiri atas tepung jagung kuning, dimasak dengan mentega dan keju parmesan.

5. Tortellini

Tortellini adalah makanan khas Italia berbentuk pasta berukuran kecil pipih. Pasta tortellini merupakan hidangan pasta berisi keju dan campuran daging.

6. Tiramisu

Salah satu kue khas Italia yang juga populer di Indonesia adalah tiramisu. Di negeri kita, makanan ini banyak dijual dengan berbagai warna dan campuran rasa unik. Tiramisu punya rasa sedikit pahit ketika dimakan.

7. Gnocchi

Gnocchi memiliki ukuran kecil seperti tortellini, namun lebih gemuk. Makanan ini terbuat dari campuran tepung gandum dan kentang tumbuk. Gnocchi dalam pembuatannya juga dicampur dengan mentega dan sage.

8. Lasagna

Lasagna juga termasuk makanan khas Italia cukup populer di Indonesia. Makanan nikmat ini dalam penyajiannya dilapisi pasta, keju, dan daging. Lasagna dilapisi saus tomat, keju ricotta, dan keju mozarella. Bahan makanan ini kemudian dipanggang hingga matang.

9. Ravioli

Ravioli merupakan makanan jenis pasta berbentuk persegi atau bundar. Ravioli dibuat dari bahan tepung, telur, dan minyak zaitun. Bagian dalam ravioli berisi campuran keju ricotta, bumbu, sayur tomat, keju mozarella, dan telur. Bagian dalam tersebut kemudian dimasukkan dalam pasta lalu direbus dalam air mendidih.

10. Spaghetti carbonara

Spaghetti carbonara juga termasuk masakan khas Italia populer di Indonesia, selain pizza, tiramisu, dan lasagna. Carbonara terbuat dari telur, keju parmesan, dan lada hitam untuk kuah spaghetti.

11. Bruschetta

Makanan Italia selanjutnya adalah Bruschetta. Makanan ini merupakan sajian roti panggang. Dalam pembuatannya, bruschetta dipanggang dengan bawang putih, tomat, sayuran, jamur, dan topping beragam.

12. Pistachio panna cotta

Pistachio panna cotta termasuk makanan manis. Makanan ini umumnya disajikan sebagai hidangan penutup. Pistachio panna cotta terbuat dari gelatin, krim, dan susu. Dalam bahasa Italia, panna cotta artinya krim yang dimasak. Masyarakat Italia biasa menghidangkan panna cotta untuk pesta di rumah.

Demikian aneka makanan populer dari Italia yang cukup mendunia. Semoga bisa jadi referensi. (Rani)

(and_)