Entertainment

Review Film Kartun Horor Lawas Coraline

Musik & Film

25 Agustus 2023 17:05 WIB

Coraline (Dok. HBO)

Solotrust.com - Animasi kartun disuguhkan dengan penampilan imut dan lucu memang sangat disukai anak-anak. Itulah mengapa kartun identik dengan tontonan anak kecil. Kendati demikian, tak sedikit kalangan dewasa juga masih suka nonton film kartun.

Bedanya, orang dewasa bisa lebih banyak menonton bermacam genre kartun ketimbang anak-anak. Salah satunya, yakni kartun ber-genre dark fantasy horror yang akan kita review kali ini:



Judul: Coraline (2009)

Durasi: 1 jam 55 menit

Sutradara: Henry Selick

Tak ada batasan usia untuk nonton film kartun Coraline. Hanya perlu diketahui, kartun ini dapat membuat anak-anak takut sehingga akan mengganggu pikiran untuk kegiatan dalam beraktivitas maupun tidurnya.

Coraline bercerita tentang seorang anak berusia sebelas tahun dengan rambut warna biru gelap bernama Coraline beserta keluarganya. Mereka baru saja pindah apartemen ke Pink Palace.

Keadaan keluarga Coraline tak seperti yang ia harapkan. Kedua orangtuanya selalu sibuk dengan pekerjaannya sebagai penulis lepas sehingga tidak pernah mengajaknya bermain.

Coraline akhirnya bermain dan berkeliling rumah sendirian. Ia pun akhirnya mendapat tugas dari sang ayah untuk mencari daftar barang yang ada di rumah tua itu.

Disinilah petualangan Coraline dimulai dimana ia menemukan pintu kecil ke dunia paralel:

1. Bertemu other mother (ibu lainnya) dan other father (ayah lainnya)

Coraline memasuki pintu kecil ke dunia paralel dan terkaget menemukan ibu dan ayahnya bermata kancing. Di sana ia dimasakkan makanan enak, diberi hadiah, dan sangat disayang seperti yang ia harapkan. Namun untuk tinggal bersama mereka, mata Coraline harus dijahit dengan kancing.

2. Penemuan fakta mengerikan dan pembebasan diri

Setelah menemukan hal-hal aneh, Coraline menemukan fakta anak-anak kecil seusianya telah hilang selama tinggal di rumah tersebut. Coraline pun berniat untuk melepaskan jiwa-jiwa terjebak dalam dunia paralel, namun dalam usahanya ia justru ikut terjebak dan harus melawan other mother yang berubah menjadi mengerikan.

Dalam perjuangannya ini, Coraline dibantu kucing liar yang ternyata mengetahui keadaan apartemen tersebut untuk melarikan diri.

Film kartun Coraline mengajarkan penontonnya untuk senantiasa berhati-hati dengan apa yang diminta, terlebih untuk menghargai keberadaan orang-orang di sekitar.

(Kholidah Kurniasari)

(and_)