Serba serbi

Timnas Indonesia U-23 Lolos Final AFC 2024 Usai Tumbangkan Turkmenistan, Jokowi: Ini Sejarah

Olahraga

13 September 2023 10:06 WIB

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat diwawancarai wartawan usai menyaksikan laga Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 vs Turkmenistan pada matchday kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia 2024 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/09/2023) malam.

SOLO, solotrust.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 berhasil menaklukkan Turkmenistan 2-0 pada matchday kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia 2024 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/09/2023) malam. Kemenangan ini praktis membawa Garuda Muda ke putaran final AFC Asian Cup 2024 Qatar.

Gol pertama dicetak pemain bernomor punggung 6, Ivar Jenner. Ia sukses membobol gawang Emerald Greens di menit 39. Tim Garuda Muda kembali mencetak gol saat injury time, tepatnya menit ke-92 lewat aksi brilian Pratama Arhan.



Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kemenangan Timnas Indonesia U-23 merupakan sejarah baru setelah 12 tahun lalu kalah melawan Turkmenistan.

"Ini sejarah karena sejak 2012 sampai sekarang kita belum pernah menang melawan Turkmenistan. Ini hadiah ulang tahun Pak Erick (Ketua Umum PSSI Erick Thohir)," kata dia, ditemui awak media seusai menyaksikan laga.

Jokowi menyatakan kedatangannya bersama Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir untuk mendukung secara langsung Tim Garuda Muda. Ia memuji permainan Indonesia yang memuaskan.

"Laganya saya lihat sangat keras, saling menyerang. Ya sudah kita ketahui hasilnya 2-0 dan paling penting kita berhasil masuk ke Qatar," ungkapnya.

Ditanya soal prediksinya sebelum pertandingan, Jokowi mengaku memprediksi kemenangan atas Indonesia.

"Prediksi saya, menang," ucap presiden. 

"Kita lihat tadi semua lini saling mendukung dengan baik. Depannya baik, tengahnya baik, belakangnya baik. Kerja sama, saling mengerti, dan bermain baik," imbuhnya. 

Lolosnya Timnas Indonesia U-23 ke final AFC Asian Cup pada April 2024 di Qatar, Jokowi mengingatkan agar para pemain di bawah asuhan pelatih Shin Tae-Yong berusaha lebih keras.

"Laga masih April 2024 sehingga persiapan lebih panjang dan kita akan ke sana dengan kondisi yang jauh lebih siap," paparnya.

Sementara mengenai bonus dan persiapan Piala Dunia U-17, Jokowi menyerahkannya pada Erick Thohir.

"Tanya ke Pak Erick," jawabnya singkat mengakhiri sesi doorstop dengan wartawan. (riz)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya