Hard News

Lampaui Target, PNBP Lapas Terbuka Kendal Tembus Rp627 Juta

Jateng & DIY

18 Oktober 2023 20:01 WIB

Lapas Terbuka Kendal meraih pencapaian luar biasa dalam hal setoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) 2023. Tercatat hingga medio Oktober 2023, PNBP mencapai Rp627 juta, jauh melampaui target awal sebesar Rp25 juta. (Foto: Dok. Istimewa)

KENDAL, solotrust.com - Lapas Terbuka Kendal, sebuah lembaga pemasyarakatan terletak di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, meraih pencapaian luar biasa dalam hal setoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) 2023. Tercatat hingga medio Oktober 2023, PNBP dari Lapas Terbuka Kendal mencapai Rp627 juta, angka yang jauh melampaui target awal sebesar Rp25 juta.

Keberhasilan luar biasa ini tidak hanya membawa kebanggaan bagi lembaga pemasyarakatan, namun juga memberikan dukungan signifikan dalam pembinaan dan pemberdayaan narapidana dalam sistem pemasyarakatan di Indonesia.



PNBP sebesar Rp627 juta terdiri atas dua sumber utama, yakni Rp27 juta diperoleh dari program pembinan kemandirian warga binaan pemasyarakatan (WBP) di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan, serta sebesar Rp600 juta berasal dari biaya sewa tambak udang oleh mitra kerja atas nama PT Sumber Tirta Windu.

Program pembinan kemandirian WBP di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan adalah salah satu inisiatif yang sukses di Lapas Terbuka Kendal. Program ini memberikan pelatihan dan kesempatan bagi narapidana untuk belajar dan berkontribusi dalam berbagai sektor ekonomi yang pada akhirnya berdampak positif terhadap pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

Selain itu, kontribusi sebesar Rp600 juta berasal dari biaya sewa tambak PT Sumber Tirta Windu juga menjadi poin kunci dalam keberhasilan ini. Besaran biaya sewa seutuhnya disetorkan sebagai PNBP ini merupakan hasil dari taksiran KPKNL Pekalongan dan sudah disetujui bersama oleh pihak lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan penyewa.

Kerja sama dengan perusahaan swasta dalam hal penggunaan lahan tersebut membuktikan lapas dapat berperan sebagai entitas produktif dalam mendukung perekonomian nasional.

Kepala Lapas Terbuka Kendal, Rusdedy, menyatakan kebanggaannya terkait prestasi ini.

"Kami berkomitmen untuk melaksanakan program pembinaan dan pemberdayaan WBP dengan baik. Hasil pencapaian ini adalah bukti nyata bahwa program-program ini efektif dan kami sangat bersyukur dengan kontribusi positif dari mitra kami, seperti PT Sumber Tirta Windu," ungkapnya.

Pencapaian ini tidak hanya mencerminkan kesuksesan dalam pembinaan dan pemberdayaan narapidana, namun juga memberikan dampak positif pada pendapatan negara melalui PNBP.

(and_)