Hard News

Pabrik Silase Mulai Beroperasi, Lapas Terbuka Kendal Gelar Doa Selamatan

Jateng & DIY

10 Juli 2023 12:03 WIB

Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Kendal mengadakan acara doa selamatan dan potong tumpeng untuk merayakan dibukanya kegiatan produksi pakan ternak silase di lapas tersebut (09/07/2023). (Foto: Dok. Istimewa)

KENDAL, solotrust.com - Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Kendal mengadakan acara doa selamatan dan potong tumpeng untuk merayakan dibukanya kegiatan produksi pakan ternak silase di lapas tersebut (09/07/2023). Kegiatan ini dihadiri seluruh warga binaan, petugas lapas, dan pengurus Koperasi Produsen Agro Gemilang Nusantara.

Dalam acara itu, Kalapas Terbuka Kendal, Rusdedy, menjelaskan kegiatan produksi pakan ternak silase di lapas merupakan sarana pembinaan kemandirian bagi narapidana. Kegiatan ini telah direncanakan, diujicoba, dan akhirnya dapat berproduksi mulai Juli 2023. Para narapidana di lapas mengolah limbah pertanian berupa batang dan daun jagung menjadi pakan ternak dengan metode silase.



Kelebihan pakan ternak silase ini adalah dapat disimpan dalam jangka waktu lama dan mengandung nutrisi baik untuk ternak ruminansia. Pembuatan pakan ternak silase ini bertujuan menjamin ketersediaan stok pakan ternak memadai.

Rusdedy juga mengungkapkan keberhasilan kegiatan ini tidak lepas dari bimbingan dan arahan Guru Besar dan Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (UNDIP) Bambang Waluyo Hadi Eko Prasetyono. Pihaknya melakukan bimbingan, mulai dari perencanaan, kelayakan usaha, cara produksi, penggunaan teknologi, hingga pemasaran.

Kegiatan produksi pakan ternak silase ini juga dapat terlaksana berkat kerjas ama antara Lapas Terbuka Kendal dan Koperasi Produsen Agro Gemilang Nusantara, yang telah menjadi mitra lapas sejak 2022.

Acara doa selamatan dilaksanakan dengan harapan mendapatkan keberkahan dalam usaha ini sehingga memberikan manfaat besar kepada semua pihak, terutama warga binaan. Lapas Terbuka Kendal berharap kegiatan ini akan menjadi contoh baik dalam upaya pembinaan narapidana dan pemanfaatan potensi limbah pertanian untuk menghasilkan produk bernilai ekonomi.

Dalam acara ini, suasana penuh kebersamaan terlihat dari kehadiran seluruh warga binaan, petugas lapas, dan pengurus Koperasi Produsen Agro Gemilang Nusantara. Semua pihak berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan dalam upaya rehabilitasi narapidana serta kontribusi dalam pengembangan sektor peternakan.

(and_)