Serba serbi

Es Teh Jumbo Solo, Segernya Bikin Kantong Adem

Wisata & Kuliner

14 November 2023 14:16 WIB

Salah satu lapak es teh jumbo di Pasar Gedhe Solo. (Foto: Dok. solotrust.com)

SOLO, solotrust.com - November kali ini bukannya turun hujan, justru panas banget ya Gengs. So, pada kondisi terik seperti ini asyiknya minum minuman yang nyegerin dong ya, salah satunya tentu saja es teh manis.

Solo termasuk salah satu kota yang panas mataharinya sangat menyengat. Bahkan, terkadang suhu cuaca mencapai 410 C. Tak heran jika dalam kondisi panas seperti ini warga Kota Solo semakin banyak menggemari minuman dingin.



Situasi demikian tak ayal dimanfaatkan sejumlah kalangan untuk menjajakan es teh. Seperti dilakukan Emi, salah satu penjual es teh di Pasar Gedhe.

“Ya karena cuaca panas, jadi banyak yang jualan es teh. Apalagi karena harganya murah, semakin menambah daya tarik pembeli,” kata dia kepada solotrust.com pekan lalu.

Istimewanya lagi, belakangan banyak penjual minuman dingin dengan menyematkan label ‘Es Teh Jumbo’. Nama ini pun mengundang ketertarikan masyarakat Kota Solo lantaran iming-iming kata “Jumbo” dengan harga terjangkau.

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, es teh jumbo terbilang sangat ramah di kantong. Kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp3.000 saja sudah bisa mendapatkan es teh dengan size besar untuk melepaskan dahaga.

Ada beberapa merek teh digunakan sebagai bahan minuman dingin ini. Menurut salah satu penjual es teh jumbo di kawasan Mojosongo, Riris, merek teh biasa digunakan, seperti Dandang, Gopek, dan juga Sintren.

“Jenis teh yang digunakan biasanya, yaitu Dandang, Gopek, dan juga Sintren,” sebut Riris.

Karenanya, tak heran jika rasa es teh di setiap tempat berbeda. Kendati menggunakan merek teh yang sama, namun pasti penjualnya memiliki resep rahasia masing-masing.

Jadi, apabila mencari minuman yang bisa bikin segar dan tak menguras isi kantong, kalian bisa beli es teh jumbo. Harganya sudah pasti murah meriah dan dijamin bikin adem.

*) Reporter: Teuku Arif Andika/Bunga Tiara Futri/Tri Penti

(and_)