Ekonomi & Bisnis

Bank Daerah Karanganyar Sabet LPS Award 2023 Kategori Teraktif dan Terinovatif dalam Sosialisasi

Ekonomi & Bisnis

7 Desember 2023 16:40 WIB

Dirut PT BPR Bank Daerah Karanganyar Haryono saat menerima penghargaan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Award 2023 kategori Teraktif dan Terinovatif dalam Sosialisasi Keuangan di Jakarta, Rabu (06/12/2023). (Foto: Dok. Istimewa)

KARANGANYAR, solotrust.com - PT BPR Bank Daerah Karanganyar (BDK) meraih penghargaan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Award 2023 kategori teraktif dan terinovatif dalam sosialisasi keuangan. Penghargaan ini diberikan bagi industri perbankan yang dianggap berhasil memajukan literasi keuangan untuk mendorong perekonomian nasional.

Dalam kategori ini, PT BPR Bank Daerah Karanganyar tak sendirian. Bank lokal ini dianugerahi penghargaan bersama BPR Bank Tulungagung, BPR Bank Guna Daya, dan BPR Kridaharta.



Berlokasi di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (06/12/2023), LPS juga memberikan penghargaan untuk kategori teraktif dalam literasi keuangan, terinovatif dalam sosialisasi, serta terbaik bank dan BPR dalam pelaporan SCV dan LPS.

Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, menjelaskan penyelenggaraan acara LPS Awards untuk memberikan penghargaan kepada pelaku industri perbankan yang aktif dalam memajukan industri keuangan dalam mendorong perekonomian nasional. Penghargaan juga diberikan kepada insan jurnalis yang berjasa serupa.

"Melihat perbankan nasional kita saat ini dalam kondisi yang sangat baik. Hal ini tercermin dari level permodalan perbankan nasional yang tebal," ungkapnya.

Data per Oktober 2023, capital adequacy ratio (CAR) berada pada level 27,48%. Likuiditas juga dalam kondisi mencukupi. Indikator AL/NCD (Alat Likuid/Non-Core Deposit) dan AL/DPK (Alat Likuid/Dana Pihak Ketiga) masing-masing sebesar 117,29% dan 26,36%, keduanya jauh di atas threshold.

Intermediasi perbankan pada Oktober 2023 juga berkembang baik dengan kredit tumbuh sebesar 8,99% YoY. Dana pihak ketiga tumbuh 3,43% di periode yang sama, seiring percepatan aktivitas ekonomi nasional melalui belanja korporasi dan juga daerah.

Sementara itu, Direktur Utama PT BPR Bank Daerah Karanganyar, Haryono, mengungkapkan seratus persen saham perusahaannya milik pemerintah Kabupaten Karanganyar. Secara umum, kinerja keuangan Bank Daerah Karanganyar membuktikan sehat, aman, dan profitable. Bank ini juga sudah dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Penghargaan diterima Direktur Utama PT BPR Bank Daerah Karanganyar, Haryono dalam seremoni di Jakarta, Rabu (06/12/2023) kemarin.

"Alhamdulillah BDK berhasil menjadi juara satu untuk kategori BPR teraktif dan terinovatif dalam sosialisasi. Saingannya berat karena ada 331 BPR se-Indonesia yang bersaing di kategori tersebut," ucap Haryono, Kamis (07/12/2023).

Penghargaan ini melengkapi sederet award diterima BDK sepanjang 2023 dari berbagai lembaga kredibel. Hal itu menunjukkan kinerja BDK bagus dan taat aturan. Pasalnya, penilaian dari penghargaan diterima BDK berdasarkan data dan fakta, serta wawancara terkait upaya dan strategi BDK dalam mencapai target kinerja.

Penghargaan dari LPS juga semakin memperkuat bukti kinerja PT BPR BDK profesional dan dikelola dengan manajemen kuat.

"Kalau kemudian ada yang nyinyir bahwa penghargaan yang kami terima karena bayar, itu fitnah. Nyatanya, semua penghargaan diperoleh berdasarkan capaian kinerja, didukung data dan fakta," pungkas Haryono. (joe)

(and_)