Serba serbi

Antusiasme Tinggi, 1790 Pelajar Ramaikan Kompetisi Atletik Pertamina Junior Challenge di Solo

Olahraga

22 Januari 2024 22:31 WIB

Pertamina Junior Challenge di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah pada 18 hingga 20 Januari 2024. (Foto: Dok. Istimewa)

SOLO, solotrust.com - Sebanyak 1790 pelajar dari wilayah Soloraya antusias mengikuti Pertamina Junior Challenge, sebuah kompetisi atletik bagian dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship.

Acara ini digelar pada 18 hingga 20 Januari 2024, mempertandingkan berbagai kategori, seperti Kids' Athletics, Middle Distance 800m, Relays 5x80m, Relays 8x50m, Sprint 60m, dan Sprint 80m.



Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jawa Tengah sebagai penyelenggara menyampaikan kegembiraannya atas partisipasi tinggi dengan total 1790 pelajar dalam Pertamina Junior Challenge. Mereka berharap kompetisi ini dapat menjadi pilihan utama bagi sekolah dalam membimbing siswa mengembangkan minat dan bakat atletik.

Sekretaris Umum Pengprov PASI Jawa Tengah, Herma Hayu, menyatakan acara ini memberikan kontribusi positif terhadap program pembinaan.

"Event seperti ini justru membantu program pembinaan kami. Di Pengprov PASI, kami memiliki kegiatan pembinaan usia dini. SAC memberikan peluang untuk menggelar kompetisi dengan skala masif," ungkapnya.

Pertamina Junior Challenge dianggap sebagai wadah untuk menjaga semangat olahraga di kalangan pelajar Kota Solo. Herma Hayu menekankan, mengikuti kompetisi atletik tidak harus selalu bermaksud untuk menjadi atlet profesional.

"Tercatat dari total 1790 peserta, mereka bisa mendapatkan pengalaman baru, berkenalan dengan orang baru, dan tentu saja bersenang-senang," tambahnya.

Sebagai perwakilan Pengprov PASI Jawa Tengah, Herma Hayu menyatakan kebanggaannya karena Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah, kota bersejarah dalam dunia olahraga atletik. Keputusan ini memberikan pengalaman baru bagi peserta yang biasanya hanya mengikuti final di Jakarta.

Pertamina Junior Challenge diselenggarakan Pertamina, Energen Champion, PB PASI, dan DBL Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu supporting event dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship.

Direktur DBL Indonesia, Masany Audrey, menyatakan kebanggaannya atas dukungan Pertamina sebagai pendukung utama kompetisi ini. Pihaknya berharap kemitraan ini dapat mendorong pengembangan atletik bersama PASI.

Kompetisi ini berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah pada 18 hingga 20 Januari 2024, mencakup kategori Kids’ Athletics, Sprint 60m, Sprint 80m, Relays 5x80m, Relays 8x50m, dan Middle Distance 800m.

Energen Champion SAC Indonesia, hasil kerja sama antara PB PASI dan DBL Indonesia, pada musim lalu berhasil melibatkan lebih dari 31 ribu pelajar dari 2000 sekolah di sembilan regional qualifiers. Pada musim 2023, partisipasi meningkat menjadi 29 ribu peserta dari 2300 sekolah di sembilan regional qualifiers. Harapannya, SAC Indonesia terus berperan dalam mempopulerkan olahraga atletik di kalangan pelajar.

(and_)