Serba serbi

Xiaomi SU7, Mobil Listrik Mewah Pertama dari Xiaomi

Teknologi

03 Februari 2024 17:05 WIB

Xiaomi SU7, sedan listrik dengan desain sporty dan mewah. (Foto: Xiaomi.com)

Solotrust.com - Xiaomi, salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya pada Desember 2023. Mobil ini diberi nama Xiaomi SU7, sedan listrik dengan desain sporty dan mewah.

SU merupakan kependekan dari Speed Ultra. Kendaraan ini punya keunggulan dalam hal kecepatan isi ulang baterai dan berakselerasi lebih cepat ketimbang mobil listrik Tesla maupun Porsche.



Dilansir dari laman xiaomi.com, Xiaomi baru-baru ini mendemonstrasikan motor yang dikembangkan dan diproduksi secara independen, HyperEngine V6/V6, dan HyperEngine V8.

Ketiga motor itu mengadopsi teknologi inovatif, seperti teknologi pendinginan oli penuh dua arah, desain sirkuit oli berbentuk S, dan desain laminasi baja silikon staggered.

Performanya sebanding dengan era mesin pembakaran internal tradisional dengan power train V8 dan V6 besar, sehingga mampu melampaui batas kinerja industri ke tingkat lebih tinggi.

Secara khusus, mesin HyperEngine V8 memiliki kecepatan maksimum 27.200 rpm, daya keluaran 425 kilowatt, dan torsi puncak 635 N•m, memecahkan rekor global untuk motor listrik.

Adapun untuk mencapai standar industri melebihi 27.200 rpm, HyperEngine V8 menggunakan pelat baja silikon berkekuatan ultra-tinggi pertama di industri, dengan kekuatan tarik 960MPa, dua kali lebih besar dari industri umumnya.

Xiaomi SU7 memiliki ukuran cukup besar dengan panjang 4997 mm, lebar 1963 mm, dan tinggi 1455 mm. Jarak sumbu rodanya pun mencapai 3000 mm sehingga memberikan kabin luas dan lapang.

Sementara dari segi desain tampilan, Xiaomi SU7 mengadopsi gaya yang memadukan futuristik dengan unsur sport. Bagian depan mobil didominasi gril besar bermotif sarang lebah dan lampu depan LED tajam.

Dilihat dari samping, SU7 memiliki garis bodi halus dan atap rendah sehingga memberikan kesan aerodinamis. Bagian belakang mobil pun tampil sporty dengan lampu belakang LED memanjang.

Xiaomi SU7 hadir dalam dua tipe, yakni SU7 dan SU7 Max. Kedua mobil ini bertipe sedan mirip dengan mobil listrik Porsche Taycan Turbo dan Tesla Model S. Selain itu, Xiaomi SU7 juga dibalut desain mewah.

Xiaomi SU7 tersedia dalam dua versi penggerak, yakni penggerak roda belakang (RWD) dan penggerak semua roda (AWD). Versi RWD hadir dengan motor listrik menghasilkan tenaga 220 kW dan torsi 400 Nm. Versi AWD hadir dengan dua motor listrik menghasilkan tenaga 350 kW dan torsi 700 Nm.

Jika dilihat dari segi performa, versi penggerak roda belakang Xiaomi SU7 mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 5,2 detik, dan versi penggerak semua roda dalam waktu 4,6 detik. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 250 km/jam.

Xiaomi SU7 dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 93,4kWh. Baterainya mampu memberikan jangkauan hingga 700 kilometer untuk versi RWD dan hingga 650 kilometer untuk versi AWD.

Di dalam mobil, Xiaomi SU7 menawarkan kenyamanan dan fitur-fitur canggih. Kabin mobil dilapisi material berkualitas tinggi seperti kulit dan kayu. Fitur yang ada di kabin SU7, antara lain layar sentuh infotainment berukuran 15,6 inci, sistem audio Harman Kardon, power seat dengan fungsi memori, sunroof panoramik, dan sistem bantuan pengemudi (ADAS).

Xiaomi SU7 akan diluncurkan di China pada kuartal pertama 2024. Harganya belum diumumkan, namun diperkirakan mulai dari 300.000 yuan (Rp650 jutaan). 

(Dominikus Jangguik)

(and_)