Pend & Budaya

Solo Menari 2024: Kota Solo Sajikan Pertunjukan Tari

Pend & Budaya

30 April 2024 09:43 WIB

Pemerintah Kota Solo kembali menggelar agenda tahunan Solo Menari awal pekan ini. Kali ini acara kesenian tersebut mengusung tajuk Animal Movements. (Foto: Dok. solotrust.com/Naufal Fawwaz Assalam)

SOLO, solotrust.com - Pemerintah Kota Solo kembali menggelar agenda tahunan Solo Menari awal pekan ini. Kali ini acara kesenian tersebut mengusung tajuk 'Animal Movements.'
 
Tema ini sengaja diangkat dengan tujuan untuk mengharmonisasikan interaksi manusia dengan semua makhluk ciptaan Tuhan. 
 
Tema 'Animal Movements' ini juga menafsirkan tentang bagaimana gerakan hewan telah berkontribusi dalam perkembangan kebudayaan manusia, terutama dalam seni tari. Banyak karya tari nilai estetikanya terinspirasi dari gerakan alami hewan.
 
Dengan tema ini, acara yang termasuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dilangsungkan di empat lokasi Kota Solo, yakni Solo Safari, Taman Sriwedari, Taman Balekambang, dan Taman Banjarsari.
 
Solo Menari 2024 digelar Senin (29/04/2024), dimulai dari pukul 16.00 hingga 22.00 WIB. Acara ini menampilkan pesona tari tradisional dan kontemporer dalam sebuah pertunjukan spektakuler.
 
Sebanyak 200 penari dari 15 sanggar tari di Kota Solo beraksi dalam pertunjukan pembukaan dengan karya kolosal 'Animal Movement'. Menariknya, kreasi ini bukan hanya mempersembahkan tarian klasik, namun juga memperkenalkan unsur-unsur tari kontemporer, menjadikan pertunjukan lebih dinamis dan menggugah. 
 
Selain pertunjukan tari memukau, Solo Menari 2024 juga menjadi wadah bagi 50 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terpilih untuk menampilkan kreativitas mereka, menggerakkan roda ekonomi kreatif di Kota Bengawan.
 
Solo Menari 2024 bukan hanya sekadar pertunjukan, namun juga sebuah perayaan seni dan budaya, memperkaya pengalaman masyarakat dan mengangkat citra Kota Solo sebagai destinasi seni dan budaya unggul. (Naufal Fawwaz Assalam)
 
*) Berbagai Sumber

(and_)