Serba serbi

5 Olahraga Ringan Bisa Dilakukan di Rumah, Membangun Kesehatan dan Kesejahteraan Mental

Olahraga

8 Mei 2024 15:10 WIB

Ilustrasi (Foto: Pixabay/cha_ventures)

Solotrust.com - Kesibukan sehari-hari terkadang membuat kita sulit untuk menyisihkan waktu pergi ke pusat kebugaran. Kendati demikian, olahraga tetap penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Untungnya, ada banyak latihan ringan bisa dilakukan di rumah tanpa peralatan khusus. Berikut beberapa olahraga bisa kamu coba untuk tetap aktif di rumah:



1. Senam Aerobik

Ikuti video senam aerobik di internet atau aplikasi olahraga. Gerakan-gerakan seperti langkah-langkah samping, loncatan, dan gerakan tangan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung serta kebugaran tubuh secara keseluruhan.

2. Senam Yoga atau Peregangan

Yoga adalah kombinasi antara gerakan tubuh, pernapasan, dan meditasi yang bisa meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan. Cobalah beberapa pose yoga sederhana, seperti pose anjing menatap ke bawah, pose kucing-sapi, atau pose pohon untuk meredakan stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

3. Latihan Kekuatan Tubuh

Gunakan berat tubuh untuk melakukan latihan kekuatan, seperti push-up, sit-up, squat, dan plank. Latihan ini membantu membangun kekuatan otot, meningkatkan postur tubuh, dan membakar lemak.

4. Bersepeda Statis

Jika kamu memiliki sepeda statis atau alat latihan kardio di rumah, gunakanlah untuk bersepeda selama 20 hingga 30 menit setiap hari. Ini adalah cara bagus untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular tanpa harus meninggalkan rumah.

5. Berjalan Kaki Mengelilingi Rumah:

Jika cuaca memungkinkan, manfaatkanlah dengan berjalan kaki di sekitar lingkungan kamu. Berjalan kaki adalah latihan kardiovaskular yang bagus dan juga dapat memberikan kesempatan untuk bersantai dan menikmati alam.

Tak perlu latihan intens untuk tetap sehat dan bugar. Dengan melakukan latihan-ringan ini secara teratur di rumah, kamu dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah. Mulailah dengan beberapa latihan dan nikmati manfaatnya bagi tubuh dan pikiran kamu. (Yusticia Tiara Maharani)

*) Berbagai Sumber

(and_)