Pend & Budaya

Inilah 10 Universitas Terbaik di Dunia Tahun 2018, Harvard Tempati Peringkat Pertama

Pend & Budaya

28 Juni 2018 10:58 WIB

Universitas Harvard (Dok diarystore.com)


Solotrust.com –Tahun ini, 1000 universitas terbaik di dunia kembali diranking oleh Pusat Peringkat Universitas Dunia atau Center for World University Ranking (CWUR).



Berdasarkan daftar yang dirilis via website resmi CWUR, Universitas Harvard berhasil menempati peringkat pertama dalam ranking tersebut, diikuti oleh Universitas Stanford dan Massachusetts Institute of Technology.

Didirikan sejak tahun 1636, Universitas Harvard yang ada di Amerika Serikat ini memang telah menghasilkan sejumlah alumni yang menjadi tokoh terkemuka dunia seperti Bill Gates (penemu Microsoft), Barack Obama (Presiden ke-44 Amerika) dan Mark Zuckerberg (penemu Facebook).

Perlu diketahui bahwa ranking CWUR ini didasarkan pada 7 faktor yang tidak bergantung pada survey maupun data yang diberikan universitas yakni kualitas pengajaran, pekerjaan para alumni, kualitas fakultas, hasil penelitian, kualitas publikasi, pengaruh dan kutipan.

Nah, dari lebih dari 18.000 universitas yang ada di dunia, berikut 10 besar universitas terbaik dunia tahun 2018:

1.

  1. Harvard University
  2. Stanford University
  3. Massachusetts Institute of Technology
  4. University Of Cambridge
  5. University of Oxford
  6. University of California, Berkeley
  7. Princeton University
  8. Columbia University
  9. California Institute of Technology
  10. University of Chicago

 

CWUR sendiri adalah organisasi konsultan terkemuka yang memberikan saran kebijakan, wawasan strategis dan layanan konsultasi kepada pemerintah dan universitas untuk meningkatkan hasil dari pendidikan dan penelitian.

CWUR beroperasi sejak tahun 2012 di Jeddah, Saudi Arabia dengan tujuan untuk memberi peringkat 100 universitas terbaik di dunia. Pemeringkatan ini pun tersebar di dunia dengan cepat oleh universitas maupun media. Karena banyaknya permintaan untuk memperluasnya,pada tahun 2014 daftar pun diperluas menjadi 1000 daftar. Sejak 2016, markas CWUR berada di Uni Emirat Arab. (Lin)

(wd)