Hard News

Menjaga Kelestarian Budaya, Dusun Pencil Gelar Wayang Kulit

Jateng & DIY

19 Agustus 2018 05:00 WIB

Pertunjukan wayang kulit.

WONOGIRI, solotrust.com- Dusun Pencil, Desa Mlokomanis Kulon, Kecamatan Ngadirojo melakukan kegiatan bersih dusun, dengan mengadakan pagelaran wayang kulit dalang Ki Paimin dengan lakon "Wahyu Katentreman", Sabtu (18/8/2018).  

Lurah Mlokomanis Kulon, Triyatno mengatakan, kegiatan dalam rangka bersih Dusun Pencil yang selalu diadakan tiap tahun ini juga sebagai peringatan hari kemerdekaan RI yang ke 73, dimana di seluruh penjuru Indonesia semua masyarakat mengisi kemerdekaan RI dengan berbagai kegiatan, yang bertujuan memupuk kesatuan dan persatuan antar masyarakat.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              



“Kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur dan do'a agar masyarakat Dusun Pencil Desa Mlokomanis Kulon agar selamat dan terhindar dari segala bala bencana.” Tuturnya.

Triyatno menambahkan, pihaknya mengambil mengisi kegiatan dengan wayang kulit, karena wayang kulit  juga sebagai budaya nenek moyang yang harus dilestarikan.

“Wayang kulit merupakan budaya nenek moyang yang harus kita lestarikan. Selain juga merupakan hiburan dalam cerita wayang berisi ajaran luhur yang dapat kita ambil hikmahnya.” Ungkapnya.

()