Hard News

Orasi Ilmiah di Undip, Jokowi Usulkan Ada Jurusan Meme

Hard News

17 Oktober 2017 14:10 WIB

FOTO: Presiden Joko Widodo (Dok)

SEMARANG, solotrust.com - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato ilmiahnya di depan mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Selasa (17/10/2017). Kunjungan Jokowi tersebut dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-60 Undip.

Dalam orasi ilmiahnya, Jokowi menyinggung soal persaingan ekonomi yang kini kian sengit. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut bahkan mengusulkan agar universitas, termasuk Undip, harus berubah untuk menghadapi persaingan ekonomi yang saat ini dianggapnya sudah serba digital.



Lantas, Jokowi mempertanyakan jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi sekarang ini. Menurutnya, jurusan macam ekonomi, akuntansi, hingga manajemen itu sudah biasa.

“Universitas harus berubah. Fakultas misalnya, ekonomi ada. Jurusannya biasanya ekonomi, akuntansi, manajemen. Kenapa tidak mempersiapkan Fakultas Ekonomi Digital? Jurusannya bisa saja toko online, bintek kinerja teknologi, atau bisa saja jurusan meme," tutur Jokowi yang langsung disambut riuh para hadirin.

Dalam acara tersebut, hadir pula Wakil DPR Taufik Kurniawan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menristekdikti M Nasir, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

(way)

(Redaksi Solotrust)