Hard News

Ini Sejumlah Temuan Candi Dari Penggalian di Dusun Balongbayen

Hard News

19 September 2018 21:25 WIB

Warga tengah menunjukkan salah satu batu yang diduga bagian dari candi peninggalan Mataram kuno. (solotrust.com/adam)

SLEMAN, solotrust.com- Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan penggalian di Dusun Balongbayen, Purwomartani, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (19/9/2018).

Penggalian tersebut dilakukan karena di lokasi tersebut diduga ada candi peninggalan Mataran Kuno.



Penggalian tersebut dilakukan pada 3 petak tanah di area persawahan milik warga, dengan lebar 2 meter dan panjang 12 meter. Rencananya penggalian akan dilakukan dengan kedalaman 6 hingga 7 meter, guna mengetahui adanya petunjuk baru tentang adan tidaknya situs candi di daerah tersebut.

Peneliti Balai Arkeologi DIY Nur Hadi Rangkuti menjelaskan, pihaknya saat ini tengah mencari benda-benda yang diduga candi peninggalan zaman Mataram kuno.

“kita mencari candi-candi pada masa itu. Sebagian dari bagian pintu candi, kemudian juga ada relief-relief itu biasanya di badan candi. Kemudian ada balok-balok batu, itu kemungkinan di bagian bawah pondasi satu candi.” Katanya.

Nur Hadi menambahkan, di kawasan tersebut memang banyak ditemukan batuan-batuan candi. Warga sering menemukan batuan candi saat menggali sumur atau selokan. Sejumlah barang temuan berupa lesung dan batuan berukir kini banyak disimpan warga. (adam)

(wd)