Hard News

Hobi Ikan Cupang, Dari Ratusan Ribu Hingga Jutaan

Jateng & DIY

24 September 2018 13:59 WIB

Ilustrasi. (dok/net)

SOLO, solotrust.com- Ikan ternyata punya penggemar tersendiri di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah komunitas Pecinta Ikan Cupang Solo Raya

Perwakilan Pencinta Ikan Cupang Solo Raya, Beta War menjelaskan bahwa komunitasnya rutin menggelar kontes ikan tiap 3 bulan sekali.



Kali ini, agenda tersebut diselenggarakan selama 2 hari, Sabtu dan Minggu, 22 - 23 September 218 di Lantai 4 Solo Grand Mall.

"Ikan yang dinilai secara umum dari segi estetika keindahan warna ikan, bentuk tubuh dan sirip proporsional," terangnya pada solotrust.com, Minggu (23/9/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan, berdasarkan standar International  Betta Congress, di kontes ikan cupang ini diambil juara untuk beberapa kategori. Antara lain Juara 1, 2 dan 3 kategori Short Fin, Juara 1, 2, dan 3 kategori Long Fin, Juara 1,2, dan 3 kategori Crown Tail, dan Juara 1, 2, dan 3 kategori Baby serta Juara Grand Champion.

Tidak hanya masyarakat Solo saja yang berpartisipasi dalam kontes ikan kali ini, namun juga diikuti oleh peserta dari Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Jakarta, bahkan perwakilan dari negara Singapura.

"Rata - rata nilai ikan cupang kisaran Rp 100 ribu - Rp 500 ribuan. Bahkan kalau juara bisa mencapai jutaan," imbuhnya.

Ke depan, pihaknya bakal mengadakan kegiatan untuk menjaring peminat baru. Selain itu, juga akan ada agenda sosialisasi dan budidaya ikan cupang.

"Karena dari sisi ekonomis ikan cupang cukup menjanjikan dan perawatan tidak begitu susah," katanya.

Untuk semakin mengenalkan hobi ikan cupang, pihaknya berkomitmen akan mengadakan event - event berskala nasional. Bahkan pada bulan Desember 2018 nanti, direncanakan akan mengadakan kontes tingkat internasional.  (Rum)

(wd)