Hard News

BPBD Jateng Kirim 119 Relawan ke Palu

Hard News

7 Oktober 2018 01:05 WIB

BPBD Jateng mengirimkan 119 relawan ke Palu. (Dok BPBD Jateng)

SEMARANG, solotrust.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mengirim sejumlah relawan untuk diberangkatkan ke Palu, Sulawesi Tengah. Pemberangkatan relawan secara resmi dilepas oleh Gubernur Ganjar Pranowo, Sabtu (6/10/2018).

Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Permana menjelaskan, pada pemberangkatan kali ini pihaknya mengirimkan 119 relawan dari berbagai unsur masyarakat. Relawan tersebut akan berada di Palu selama sepekan.



“Selama seminggu di sana, kami akan mendirikan hunian sementara sebanyak 100 unit, layanan kesehatan, layanan air bersih, distribusi logistik dan pembuatan dapur umum,” terang dia, melansir laman jatengprov.go.id.

Selain itu pihaknya juga membawa bantuan lain berupa uang tunai, obat-obatan, makanan, air bersih, dokter, personel trauma healing, dan sebagainya.

Semua relawan beserta truk berisi bantuan logistik akan berangkat terlebih dahulu melalui jalur darat ke Surabaya, Setelahnya, tim akan menuju Palu menggunakan kapal.

Terkait personel tambahan, Sarwa mengaku menunggu perkembangan selanjutnya di lapangan. “Sesuai masukan pak Gubernur, nanti dilihat dulu perkembangan di lokasi apakah diperlukan mengirimkan lagi atau tidak,” tandasnya.

Sementara Ganjar mengucapkan terima kasih dan rasa bangganya kepada relawan yang berkenan berangkat ke lokasi bencana. Ia menekankan kepada relawan agar menyiapkan diri sebaik mungkin selama berada di sana.

“Atas nama Pemprov Jateng, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan untuk korban di Palu. Saya senang sekaligus bangga, karena memang begini cara kita bergotong royong untuk membantu sesama,” kata Ganjar.

(way)