Hard News

Presiden Jokowi Perintahkan BMKG Beli Alat Sistem Peringatan Dini

Hard News

25 Desember 2018 14:02 WIB

Presiden Joko Widodo. (solotrust-rum)

BANTEN, solotrust.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk segera membeli alat-alat sistem peringatan dini bencana.

Hal itu terkait dengan tidak adanya peringatan dini sebelum tsunami menerjang pesisir Selat Sunda pada Sabtu (22/12/2018) malam.



Menurutnya, pola bencana tsunami di Selat Sunda terjadi di luar perkiraan BMKG sehingga masyarakat tidak memiliki kesiapan untuk menyelamatkan diri.

Ia menyebutkan, biasanya peringatan akan potensi terjadinya tsunami dapat dikeluarkan dengan terlebih dahulu menganalisis secara cepat data gempa yang sebelumnya terjadi. Namun, tidak demikian halnya kali ini yang tanpa didahului oleh peristiwa gempa.

“Ke depan saya sudah perintahkan juga ke BMKG untuk membeli alat-alat early warning system yang bisa memberikan peringatan-peringatan secara dini kepada kita semua sehingga masyarakat bisa waspada,” kata Jokowi kepada wartawan di sela-sela peninjauannya ke beberapa lokasi terdampak bencana tsunami, di Pandeglang, Banten, Minggu (24/12/2018) pagi.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa BMKG tidak bisa mendeteksi potensi terjadinya tsunami untuk kasus di Selat Sunda ini.

Hal tersebut dikarenakan tsunami yang terjadi dipicu oleh aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau. Oleh karena itu BMKG, sebut Dwikorta, tidak punya akses untuk mendapatkan data tersebut untuk selanjutnya diolah menjadi peringatan dini tsunami.

(way)