Hard News

Layanan Telekomunikasi Daerah Terdampak Tsunami Selat Sunda Pulih 100%

Hard News

28 Desember 2018 20:01 WIB

Ilustrasi.

JAKARTA, solotrust.com – Layanan telekomunikasi di daerah terdampak tsunami Selat Sunda kini sudah pulih 100 persen. Kemeterian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan, jaringan seluler di di kawasan Pantai Barat Provinsi Banten dan Lampung Selatan sudah normal kembali.

Berdasarkan pantauan Kominfo hingga h+6 pascatsunami, pasokan listrik untuk kebutuhan Base Transceiver Station (BTS) ditopang dengan genset dan mobile backup power site yang disediakan oleh operator telekomunikasi.



“Meskipun ada sebagian BTS yang belum bisa on air karena tidak ada pasokan listrik dari PLN serta sulitnya akses ke lokasi, layanan telekomunikasi masih bisa diakses dengan normal karena dapat dipenuhi atau dicover dari BTS lain yang ada di sekitarnya,” tulis Kominfo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/12/2018).

Hasil pantauan terhadap jaringan backbone dari Telkom semua dalam kondisi normal. Sehingga masyarakat masih tetap bisa menggunakan layanan telekomunikasi dengan normal.

Sebelumnya, tsunami yang menerjang pesisir Selat Sunda pada Sabtu (22/12/2018) malam mengakibatkan beberapa BTS down. Jaringan telekomunikasi mengalami gangguan karena tidak adanya pasokan listrik.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ahmad M Ramli menyatakan, layanan telekomunikasi sempat mengalami gangguan akibat tidak adanya pasokan jaringan listrik untuk sejumlah BTS di wilayah terdampak.

(way)