Hard News

Yayasan Gita Pertiwi Paparkan Hasil Riset Kota Cerdas Pangan

Jateng & DIY

22 Januari 2019 21:13 WIB

Direktur Yayasan Gita Pertiwi Surakarta Titik Eka Sasanti saat memberikan pemaparan.

SOLO, solotrust.com - Gita Pertiwi Surakarta sebagai yayasan yang concern terhadap program studi ekologi memaparkan hasil riset tentang kota cerdas pangan (Food Smart City) di Sala View Hotel, Solo, Selasa (22/1/2019).

Direktur Yayasan Gita Pertiwi Surakarta Titik Eka Sasanti mengatakan Yayasan Gita Pertiwi, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, dan Perkumpulan Indonesia Bersatu bermaksud untuk menginisiasi kota Solo sebagai Kota Cerdas Pangan (Food Smart City), dan bergabung dengan sejumlah kota besar di dunia dalam Pacta Milan.



"Sebagai langkah awal, kami telah melakukan riset tentang Pengelolaan Food Waste hotel, katering dan restoran di Solo dan Depok. Selain itu kami juga melakukan riset dan obeservasi terhadap Kantin Sekolah di Solo dan Depok sebagai media edukasi pangan sehat," papar Titik kepada awak media.

Selain Titik, yang menjadi pembicara dalam pemaparan hasil riset ini adalah Dr. Dora Kusumastuti, SH, MH  (Peneliti dari UNISRI Surakarta), Shoim Sahriyati (Direktur Yayasan KAKAK Surakarta), Sudaryatmo, SH (Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) dan pengantar dari Adil Marata (Rikolto Indonesia).

Titik berharap upayanya dalam menginisasi Food Smart City ini dapat melengkapi prestasi atau capaian Kota Solo sebagai Kota Cerdas kategori kota besar 2018 berdasarkan Index Kota Cerdas Indonesia (IKCI). (adr)

(wd)