Pend & Budaya

UNS Gelar Kejuaraan Karate se-Asia Tenggara Sebelas Maret Cup XI

Pend & Budaya

8 Maret 2019 02:09 WIB

Jumpa Pers Sebelas Maret Cup XI

SOLO, solotrust.com -Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 43, Unit Kegiatan Mahasiswa Institut Karate-Do Indonesia Universitas Sebelas Maret (UKM INKAI UNS) Surakarta menggelar Sebelas Maret Cup XI.

Kejuaraan karate antar mahasiswa se- Asia Tenggara itu berlangsung selama tiga hari berturut-turut mulai dari Jumat (8/3/2019) sampai dengan Minggu (10/3/2019) pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB di Gedung Olah Raga Sritex Arena, Laweyan, Solo.



Ketua Panitia, Rizky Mica Saputra menjelaskan, bila kejuaraan karate Sebelas Maret Cup XI diikuti sekitar 400 peserta dari sebanyak 56 kontingen baik dari universitas di Indonesia maupun Asia Tenggara. Ada 4 peserta dari negara Asia Tenggara yang turut berlaga di antaranya, Brunei Darussalam, Timor Leste, Singapura, dan Malaysia.

"56 kontingen akan bertanding dalam 19 kelas memperebutkan hadiah senilai Rp 50 juta. Untuk kategori pertandingan dibagi menjadi dua kategori kata (jurus atau seni) tidak berdasarkan berat badan dan komite (pertarungan) sesuai berat badan. Kemudian nanti juga ada pertandingan best of the best antar kelasnya," kata Mica dalam jumpa pers di Student Center UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Kamis (7/3/2019) siang.

Mica menambahkan, bila dalam kejuaraan dua tahunan ini, untuk tahun ini panitia melibatkan wasit dari luar Indonesia, yakni dari Malaysia dan Singapura.

"Harapan kami agar dapat meningkatkan kulitas pertandingan, dan menjadi sebuah daya tarik dari dalam dan luar negeri," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Ketua Bidang Keanggotaan UKM INKAI UNS Ratih Astari, menambahkan, bila tim tuan rumah menerjunkan sebanyak 27 atlet karate yang akan berlaga dalam kejuaraan tersebut. Menurutnya, kejuaraan ini diharapkan menjadi momentum dan langkah para atlet dari kampus-kampus di Indonesia untuk menunjukkan bakatnya agar meningkatkan level di tingkat internasional.

Juara umum Karate Sebelas Maret Cup ke 10 pada dua tahun lalu, diraih oleh kontingen dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Meski diakuinya, pada Sebelas Maret Cup ke 11 kali ini belum mengetahui kekuatan masing-masing kontingen. INKAI UNS menargetkan diri menjadi juara umum

 “Sebelas Maret Cup ini menjadi kesempatan bagi para atlet dari kampus. Kemarin dari UNDIP pemain kategori kata Ivan Taher mengikuti pelatnas Asian Games 2018. Timnas melihat juara-juara di sini untuk jadi tempat seleksi atlet yang akan diajukan ke ajang internasional,” ucap Ratih. (adr)

(wd)