Serba serbi

Sutradara Parasite Raih Palme d`Or di Cannes Film Festival

Musik & Film

27 Mei 2019 23:11 WIB

Bong Joon Ho berhasil memenangkan penghargaan prestisius Palme d`Or di Cannes Film Festival lewat filmnya "Parasite". (Dok. Instagram @festivaldecannes).

Solotrust.com - Sutradara asal Korea Selatan, Bong Joon Ho berhasil memenangkan penghargaan prestisius Palme d'Or di Cannes Film Festival lewat filmnya "Parasite", Sabtu (25/5/2019).

“Kita semua berbagi misteri tentang cara tak terduga film ini membawa kita melalui genre yang berbeda dan berbicara dengan cara yang lucu, lucu, lembut, tanpa penghakiman, tentang sesuatu yang begitu relevan dan mendesak, begitu global dalam film lokal seperti itu, dengan sedemikian efisiensi media yang indah, dan pemahaman tentang apa sebenarnya film itu. Kami semua terpesona ketika melihatnya, dan itu terus tumbuh dan berkembang. Itu sebabnya itu adalah keputusan yang bulat," kata presiden juri Alejandro González Iñárritu ketika mengumumkan kemenangan film ini, sebagaimana dilansir dari Variety.



"Parasite" adalah film bergenre dark comedy yang mengisahkan keluarga kelas bawah yang mencoba memperbaiki situasi sosial mereka dengan menyusup ke rumah tangga kaya. Tahun sebelumnya, peraih Palme d'Or adalah sutradara film Jepang “Shoplifters”, Hirokazu Kore-eda.

"Parasite" menang dari sejumlah kandidat besar seperti "Pain and Glory" dari sutradara Spanyol Pedro Almodovar dan "Young Ahmed" dari dua sutradara asal Belgia, Jean-Pierre Dardenne dan Luc Dardenne.

"Saya tidak menyiapkan pidato dalam bahasa Prancis, tapi saya sangat terinspirasi oleh film-film Prancis," kata Bong kepada hadirin melalui juru bahasa Prancis pada upacara penghargaan, sebagaimana dikutip dari Yonhap. "'Parasite' adalah petualangan yang luar biasa bagi saya," tambahnya.

"Ketika saya berusia 12 tahun, saya memutuskan untuk menjadi sutradara film. Saya tidak pernah membayangkan hari dimana saya menyentuh trofi ini," tambah sutradara "Snowpiercer" tersebut.

Bong Joon Ho menjadi sutradara Korea Selatan pertama yang memenangkan Palme d'Or di Cannes.

Prestasi ini menandai keenam kalinya sebuah film Korea telah menerima salah satu penghargaan kompetisi utama di Festival Film Cannes. Im Kwon Taek mendapatkan penghargaan sutradara terbaik untuk "Chihwaseon" pada tahun 2002, Park Chan Wook memperoleh dua kali dengan "Old Boy" (2004) dan "Thirst" (2009), Lee Chang Dong meraih penghargaan skenario terbaik dengan "Poetry" pada tahun 2010, dan Jeon Do Yeon memenangkan penghargaan aktris terbaik untuk "Secret Sunshine" pada tahun 2007. (Lin)

(wd)