Hard News

Pengamat: Ahmad Zaky Cocok Menteri Pariwisata

Hard News

19 Juni 2019 10:21 WIB

CEO BUKALAPAK bersama Presiden Joko Widodo dalam sebuah acara di Jakarta.

JAKARTA, solotrust.com- Kabar mengenai CEO Bukalapak menjadi Menteri Pariwisata mendapatkan dukungan dari  Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo Jati.

Baca juga:



Menristek Resmikan Pusat Inovasi AI Bukalapak-ITB

Wasisto menyebut CEO Bukalapak Achmad Zaky mempunyai kemampuan untuk menjadi Menteri Pariwisata di kabinet kerja Presiden Joko Widodo periode kedua.

"Saya pikir CEO Bukalapak lebih cocok Menteri Pariwisata," kata Wasisto Selasa (18/6/2019).  Dia memandang CEO Bukalapak pantas jadi Menteri Pariwisata bukan tanpa alasan. Wasisto menilai Achmad Zaky mampu mengemban posisi itu dengan baik. 

"Ya karena memiliki pengetahuan teknis untuk mengembangkan industri kreatif dalam pariwisata," ucap dia.

Dia juga mengatakan Ahmad Zaky memiliki karakter memajukan pariwisata ke arah yang lebih baik hingga terpandang di dunia internasional. 

"Pertama, karena sektor pariwisata itu bisa memaksimalkan lewat industri kreatif dan teknologi. Peran anak muda jadi sentral dalam konteks itu. Kedua, promosi pariwisata memang lebih cocok digerakkan anak muda karena secara psikis, mereka banyak ide dan lebih dinamis melihat pasar," ujarnya.

Di sisi lain sebagaimana dikutip dari tagar.id Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio memiliki pandangan yang berbeda dengan Wasisto. 

"Setaraf-taraf itu menurut saya terlalu cepat jadi menteri," tutur Hendri

Dia menilai anak muda seperti CEO Bukalapak belum memiliki kapasitas dan kapabilitas menjalankan program kerja dalam posisi jabatannya sebagai menteri. Karena melihat pekerjaan yang digeluti Zaky sekarang ini belum banyak membuahkan hasil yang signifikan. Menurutnya, semua masyarakat tidak terburu-buru menyimpulkan pernyataan Jokowi akan memilih menteri-menterinya yang memiliki usia muda. Sebagai masyarakat, seharusnya memahami dimensi muda yang dimaksudkan oleh Jokowi tersebut. (el)

(wd)