Hard News

Najwa Shihab Mengenang Kebersamaan Dengan Bj Habibie

Sosial dan Politik

12 September 2019 16:49 WIB

Najwa Shihab.

Solotrust.com- Kepergian BJ. Habibie menjadi duka bagi rakyat Indonesia, sebab jasanya bagi bangsa sangatlah besar. Begitu pula yang dirasakan oleh Najwa Shihab. Presenter program acara Mata Najwa ini mencurahkan kisah dan perasaannya tentang BJ. Habibie di akun instagramnya @najwashihab, Kamis (12/9/2019).

Baca: Kisah Perjalanan Hidup Sang Jenius Habibie



“Setiap kali ditanya siapa tokoh yang pernah diwawancara, jawaban saya tidak pernah berubah. Bacharudin Jusuf Habibie” tulis Najwa memulai kisahnya.

“Dan saya beruntung dapat banyak sekali kesempatan berbincang dengan Eyang Habibie. Soal cinta, demokrasi, tehnologi Indonesia yang berdikari dan harapannya untuk anak-anak muda negeri ini.” lanjutnya menceritakan pertemuannya dengan BJ. Habibie.

Najwa melanjutkan bahwa dia sudah 10 episode mewawancarai BJ Habibie di program acaranya Mata Najwa. Dari sana Najwa merasakan begitu banyaknya ilmu yang terpendam dan bisa digali dari Presiden RI ke-3 tersebut. Sehingga setiap kali pertemuan dengan Habibie menjadi sesuatu yang sangat berarti bagi dirinya.

Najwa juga menceritakan hubungan kedekatan antara abinya Quraish Shihab dan BJ Habibie. Dari kedekatan hubungan antara abinya dengan Habibie itulah perasaan dekat antara Najwa dengan Habibie lebih dari sekedar hubungan antara wartawan dengan narasumbernya.

Pada Rabu (11/9/2011) Najwa Shihab dan abinya Quraish Shihab sempat menjenguk Habibie pada pukul 10.00 pagi di RSPAD Gatot Subroto. Saat itu menurut Dokter Vireza Pratama dokter spesialis jantung yang menemani Najwa dan Quraish Shihab berkunjung di ruang CICU menyatakan kondisi Habibie sempat membaik.

Najwa sempat menyaksikan ketika abinya memegang tangan Habibie dan berbisik ke telinganya “Berkah ilmu Pak Habibie yang akan melapangkan jalan Bapak nanti..” kata Quraish Shihab. Habibie saat itu memang tidak bisa menjawab tapi matanya masih bergerak-gerak tanda mengerti dan tidak lama kemudian Habibie menangis.

“Amblas rasanya hati saya” tulis Najwa kemudian.

Najwa kemudian melanjutkan tulisannya, pada jam 18.06 pesan singkat masuk. “Innalillahi wa inna ilahirojiun. Telah wafat Bapak BJ.Habibie.” demikian tulis pesan itu.

Pada waktu itu Najwa tengah berada di studio Trans7 untuk persiapan LIVE mata Najwa episode KPK. Seketika itu juga Najwa menghubungi Dokter Vireza untuk mengonfirmasi info itu. Dokter Vierza pun membenarkan kabar tersebut kepada Najwa.

“Saya sendiri yang memeriksa kondisi dan mengumumkan jam wafatnya ini Mbak Nana.” Jawab Dokter Vierza kepada Najwa Shihab.

Menurut Najwa, Habibie adalah cinta. Ia pencinta yang penuh dengan perasaan seluruh cintanya pada Ainun selalu sungguh. Cintanya pada Indonesia tak pernah luruh. Pernah suatu ketika di Mata Najwa, Habibie menyampaikan sesuatu tentang kematian.

“Saya tidak lagi takut mati karena andaikan sampai waktunya nanti, saya tahu yang akan menemui saya pertama adalah Ainun.” Najwa pun menyampaikan salam perpisahan kepada Habibie, “Untuk Bacharuddin Jusuf Habibie tercinta, selamat terbang menuju keabadian.” (dd)

(wd)