Ekonomi & Bisnis

Ini 4 Strategi Gojek Kuasai Pasar!

Ekonomi & Bisnis

5 November 2019 12:05 WIB

Peluncuran Strategi baru Gojek

JAKARTA, solotrust.com - Dalam rangka ulang tahun ke-9, Gojek meluncurkan strategi "Going the Distance" atau "Melangkah Jauh ke Depan," akhir pekan kemarin. Strategi berfokus pada empat hal, yaitu peningkatan kepuasan pelanggan, penyelarasan pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis, menjadi perusahaan global melalui ekspansi internasional, dan mewujudkan Gojek sebagai tempat bekerja berkelas dunia.

Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi, mengatakan, Gojek adalah pelopor konsep super aplikasi dengan model ekosistem bisnis yang menghubungkan jutaan orang, pelanggan, mitra driver, merchant, serta penyedia layanan. Konsep ini, bahkan menjadi referensi para pemain di industri teknologi global. 



"Berdasar data, pertumbuhan total pengguna aktif bulanan mencapai 1,5 kali lipat dalam satu tahun terakhir. Hal ini didukung semakin bertambahnya jumlah pelanggan yang menggunakan setidaknya tiga layanan Gojek dalam sebulan (core users). Ini menjadi indikator bahwa upaya kami untuk menjadi super app kehidupan sehari-hari tepat sasaran," tuturnya dalam siaran pers yang diterima solotrust.com.

Menurutnya, salah satu kunci sukses Gojek adalah mewujudkan ekosistem terintegrasi dengan tiga super aplikasi meliputi super app untuk membantu pelanggan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari; super app untuk mitra driver dan penyedia layanan mendapatkan penghasilan tambahan; dan super app untuk merchant mengembangkan bisnis.

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo, menambahkan, Gojek akan terus membangun bisnis dengan pertumbuhan kuat dan berkelanjutan melalui pendekatan berbasis produk. Pihaknya meyakini, pasar akan melihat Gojek sebagai salah satu pembentuk indeks konsumsi pelanggan di Indonesia atau bahkan Asia Tenggara. Hal ini karena transaksi di aplikasi Gojek meliputi transportasi online, makanan, belanja dan pembayaran sangat berhubungan erat dengan pengeluaran rumah tangga. 

Andre Soelistyo mengklaim saat ini Gojek telah mampu mencetak kontribusi margin positif di hampir seluruh layanan utamanya, yaitu pesan-antar makanan dan minuman, pembayaran, serta transportasi online. Gojek juga telah berhasil mencetak 2 kali lipat pertumbuhan pendapatan dalam 12 bulan terakhir. (Rum)

(redaksi)