Serba serbi

Liburan di Jakarta, Ini 6 Destinasi Wisata Favorit yang Wajib Dikunjungi!

Wisata & Kuliner

02 Desember 2019 22:03 WIB

Museum Fatahillah Kota Tua (Instagram)

JAKARTA, solotrust.com - DKI Jakarta mungkin dinilai membosankan dan identik dengan macet, namun bukan berarti kota metropolitan ini sudah kehabisan hiburan yang bisa mengisi liburan masyarakat. Sebenarnya ibukota Indonesia ini juga punya banyak pilihan wisata, mulai dari kuliner, tempat nongkrong hingga lokasi wisata menarik untuk dikunjungi dan berfoto-foto. Tak hanya dalam kota, tapi juga wilayah sekitar dengan akses mudah. 

Kalau berada di Jakarta, masyarakat sudah tentu tidak bingung soal transportasi karena bisa menyewa mobil atau cukup memakai angkutan umum. Namun, jika berasal dari kota lain, cukup banyak pilihan untuk mencapai Jakarta. Bisa mencari tiket pesawat ke Jakarta, kereta api atau bus yang berhenti langsung di pusat kota. 



Nah, bagi kamu yang ingin liburan di Jakarta dan sekitarnya, pastikan mengunjungi beberapa tempat menarik seperti Kepulauan Seribu hingga Taman Situ Lembang. Berikut enam destinasi wisata favorit yang wajib dikunjungi.

1. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu dapat ditempuh sekitar satu jam dari Kota Jakarta, menyeberang dengan speed boat. Begitu sampai, pengunjung akan disambut jernihnya air dan angin sepoi-sepoi serta pasir pantai lembut. Ada beberapa pulau bisa dikunjungi, masing-masing menawarkan sensasi berbeda, misalnya Pulau Onrust yang memiliki benteng tua di bagian tengahnya, Pulau Bidadari yang memiliki resort wisata, dan Pulau Kelapa berisi perkampungan penduduk.

2. Museum Fatahillah

Salah satu spot wisata menarik dapat dikunjungi selama di Jakarta adalah Museum Fatahillah. Terletak di kawasan Kota Tua Jakarta dan sudah menjadi ikon tersendiri. Dapat dikatakan, museum ini menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Ada banyak sekali benda peninggalan dari zaman Belanda yang masih tersimpan rapi di Museum Fatahillah.

3. Pelabuhan Sunda Kelapa

Dari Museum Fatahillah, pengunjung bisa berjalan kaki atau menggunakan angkutan umum untuk menuju ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Pada masanya, ini merupakan salah satu pelabuhan penting di Indonesia karena menjadi tempat masuknya berbagai kapal asing. Kemudian fungsinya berubah, dijadikan sebagai pelabuhan untuk kegiatan berdagang. Wisatawan bisa menemukan kapal-kapal besar yang sedang bersandar di sini.

4. Taman Kalijodo

Ini merupakan kawasan terbuka yang belum lama diresmikan, berlokasi di Jalan Kepanduan II, Penjaringan. Dulunya wilayah ini dikenal sebagai lokasi prostitusi dan sarang hiburan malam. Citranya kini berubah sepenuhnya menjadi kawasan wisata ramah anak sejak hadirnya Kalijodo Park. Ada banyak fasilitas bisa digunakan sebagai sarana hiburan di sini, mulai dari lapangan khusus bermain skateboard dan BMX, area dinding mural yang Instagramable hingga lapangan futsal.

5. Taman Situ Lembang

Ini merupakan salah satu taman tertua di Jakarta. Lokasi Taman Situ Lembang tepat di Jalan Lembang Terusan D-59, Menteng, Jakarta Pusat. Walau disebut taman dan dikelilingi bangunan buatan manusia, di bagian tengahnya sebenarnya terdapat sebuah danau alami. Turis bisa mengunjungi taman ini untuk menikmati suasana syahdu. Apalagi lokasinya cukup tersembunyi dari hiruk-pikuk jalanan Jakarta.

6. Bianglala di Aeon Mall

Aeon Mall, pusat perbelanjaan bergaya Jepang berada di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Salah satu yang menarik dan harus dicoba adalah bianglala J-Sky, terletak di atap AEON Mall. Tingginya sekitar 69 meter dengan diameter 50 meter dan memiliki 32 buah gondola. Dari atas, pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Jakarta dari ketinggian. (rum)

(redaksi)