Serba serbi

Timnas U-19 dan Garuda Select Jadi Pendukung Utama Timnas Piala Dunia U-20

Olahraga

16 Desember 2019 21:01 WIB

Pemain Timnas Indonesia U-23 Egy Maulana Vikri. (Foto: R. Rekotomo/Antara)

JAKARTA, solotrust.com - Pengurus Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menyiapkan Tim Nasional (Timnas) U-19 dan Tim Garuda Select yang kini sedang berlatih di Birmingham, Inggris sebagai pendukung utama Timnas Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia pada 2021 mendatang.

Ketua Umum PSSI, Komjen Pol Mohammad Iriawan mengatakan, saat ini para pemain Timnas U-19 telah dikembalikan ke klub masing-masing. Namun, nanti pada awal 2020 akan kembali dipanggil untuk melakukan persiapan uji coba.



“Ada 12 uji coba dengan negara-negara yang mempunyai kategori dengan nilai FIFA tinggi ya, dengan Iran, Arab Saudi, Turkistan, dan lain sebagainya,” ujarnya kepada wartawan, usai bersama-sama jajaran pengurus PSSI Periode 2019-2023 diterima Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (16/12/2019), dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Menurut Iriawan, presiden menyarankan agar para pemain yang akan menjadi tulang punggung Timnas U-20 sudah dipersiapkan dari sekarang. Dengan begitu, mereka bisa menyatu sebagai bentuk persiapan nanti saat Kejuaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Presiden, lanjut Ketua Umum PSSI, menginginkan Piala Dunia 2021 bisa terselenggara dengan baik. Bukan sekadar terselenggara, namun juga dengan prestasi Timnas.

Mohammad Iriawan pun mengaku membicarakan banyak hal terkait pertemuannya dengan Jokowi. Salah satunya, ia meminta presiden agar para mantan pemain, mantan wasit, mantan pelatih, bisa mendapat pekerjaan tetap manakala sudah purna, khususnya berada di lingkungan persepakbolaan.

“Sehingga tidak seperti sekarang, banyak yang memang hidupnya tidak pas,” kata Iriawan seraya menambahkan bahwa presiden memperhatikan hal itu.

(redaksi)