Senin , 30 Maret 2020

Natal dan Tahun Baru, 32 Ekstra Flight Dipindah ke YIA Kulonprogo

20 Desember 2019 05:54 WIB


Ilustrasi.

YOGYAKARTA, solotrust.com- Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menerapkan Performance Based Navigation atau alat bantu navigasi untuk pesawat yang akan mendarat pada musim Natal dan Tahun Baru nanti. Sejumlah extra flight akan dialihkan ke bandara YIA Kulonprogo.

Persiapan menyambut libur Natal dan Tahun Baru telah dipersiapkan oleh PT Angkasapura 1 Bandara Adisucipto, Yogyakarta, salah satunya adalah dengan membuka posko terpadu angkutan udara, yang tidak hanya di Bandara Adisutjipto, melainkan juga di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).



Baca: Amankan Nataru, Polres Sukoharjo Siagakan Sniper

General Manager (GM) PT Angkasapura 1 Bandara Adisucipto Yogyakarta Agus Pandu mengatakan, sebanyak 32 ekstra flight disiapkan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang. 32 ekstra flight itu nantinya akan dialihkan ke YIA Kulonprogo, terutama bagi maskapai yang memenuhi syarat berupa kelengkapan aplikasi Performance Based Navigation (PBN).

“Ada beberapa kebijakan diantaranya adalah kita mengalihkan extra flight ke YIA bagi yang memenuhi persyaratan, karena di YIA itu sekarang menggunakan navigasinya itu menggunakan PBN ya, PBN itu Performance Based Navigation. ” jelas Agus Pandu.

Performance Based Navigation merupakan metoda bernavigasi pesawat dilengkapi dengan peralatan yang memenuhi persyaratan RNP dan RNAV, dimana alat bantu navigasi dimonitor ketepatannya integritasnya, ketersediannya, fungsinya dan terus menerus. Bagi pesawat yang belum mempunyai fasilitas PBN maka penambahan penerbangan akan dialokasikan di Bandara Adisutjipto.

PT Angkasapura 1 Bandara Adisucipto memrediksi, dalam Natal dan Tahun Baru diperkirakan akan terjadi penurunan jumlah penumpang sebanyak 10 persen dari tahun lalu. Hal ini dikarenakan akses jalur darat sudah mengalami peningkatan dengan dibukanya ruas tol baru, khususnya di Pulau Jawa.

Baca: Awas! Rokok dan Tiket Pesawat Picu Inflasi Akhir Tahun

Sementara itu terkait keamanan, Bandara Adisucipto akan secara random mengawasi pergerakan orang dan barang. (adam)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com