Senin , 30 Maret 2020

Pink Tape f(x) Album K-Pop Terbaik Sepanjang Dekade Ini Versi Billboard

22 Desember 2019 22:01 WIB


Album "Pink Tape". f(x) (Dok. SM Entertainment).

Solotrust.com - Billboard merilis daftar 25 album K-Pop terbaik sepanjang dekade 2010an ini pada (17/12/2019) waktu setempat. Album dari f(x) bertajuk "Pink Tape" (2013) memuncaki daftar tersebut.

Dalam ulasannya, Billboard di awal mengatakan bahwa f(x) merilis album penuh (LP) ditengah pasar yang sebagian besar hanya merilis single atau mini album (EP) saat itu.



"Pink Tape" dinilai membuktikan kekuatan album yang penuh, gelombang suara yang kohesif, dan sebagai koleksi potongan-potongan eksperimental yang benar-benar ambisius.

Title tracknya "Rum Pum Pum Pum" (The first wisdom tooth) dinilai sebagai pusat yang sempurna, dengan perkusi samba dan gitar funky yang menyatu dengan sampel "Little Drummer Boy", ditambah metafora lirik aneh yang menghubungkan cinta dengan gigi bungsu.

Lagu lain yakni "Airplane" menyatukan euforia EDM, "Signal" dengan melodi manis dengan sentuhan disco, sementara "Shadow" adalah suara boneka menyeramkan yang menjadi hidup dengan swagnya waltzy-pop. "Ini semua sangat eksentrik, tetapi entah bagaimana berhasil, di bawah kedok konsep Pink Tape f(x) yang cerah."

"Album idol sering diremehkan pada tingkat kritis, tetapi album seperti Pink Tape membuktikan bahwa  bahkan pop yang paling mainstream pun bisa menjadi tempat untuk memajukan seni dan mendorong batas-batas kreatif," lanjut Billboard.

"Pink Tape merepresentasikan K-pop sebagai pernyataan musik yang sepenuhnya dikonsep," tutup Billboard.

Rilis pada 29 Juli 2019, album ini memilki 12 lagu, termasuk "Goodbye Summer" yang dinyanyikan (f(Amber+Luna+Krystal) feat. D.O. dari EXO-K.

Album lain yang masuk dalam Top 5 adalah "Modern Times" (2013) dari IU, "The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever" (2016)" dari BTS, "Reboot" (2015) dari Wonder Girls, dan "Perfect Velvet" (2017) dari Red Velvet. Semuanya menduduki peringkat 2 hingga 5 berturut-turut. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com