Selasa , 31 Maret 2020

Remaja Indonesia Berhasil Jadi Pemain Go Profesional di Jepang

31 Desember 2019 01:08 WIB


Rafif Shidqi Fitrah (kiri) dari Indonesia dan Chang FuKang dari Malaysia menjadi pemain go profesional di Jepang (Dok. Koji Ode/The Asahi Shimbun).

Solotrust.com - Dua remaja asal Asia Tenggara, yang salah satunya dari Indonesia berhasil menjadi pemain go profesional di Jepang.

Dilansir dari The Asahi Shimbun, Badan pengatur permainan Jepang, Nihon Ki-in, pada 16 Desember mengumumkan bahwa Rafif Shidqi Fitrah (17 tahun) asal Indonesia dan Chang FuKang (16 tahun) asal Malaysia akan direkrut sebagai pemain go profesional pada bulan April.



Rafif lahir dan besar di Jepang, tempat ayahnya bekerja sebagai insinyur. Karena Indonesia hanya memiliki sekitar 1.000 pemain go, dia berharap dapat menyebarkan popularitas permainan itu di sana, dengan mengatakan, "Saya ingin mengajar banyak orang cara bermain."

Sementara itu Chang datang ke Jepang pada bulan Januari. Dia berlatih keras saat tinggal di aula di Tokyo sebelum mewujudkan mimpinya. Ada sekitar 3.000 pemain go di Malaysia. "Saya ingin menjadi No 1 di dunia," katanya dalam konferensi pers.

Ini adalah pertama kalinya Indonesia dan Malaysia menghasilkan pemain go profesional di Jepang. Keduanya berhasil mengumpulkan sembilan kemenangan pada ujian rekrutmen yang diadakan oleh kantor pusat Nihon Ki-in di Tokyo pada bulan Oktober dan November.

Sistem untuk merekrut pemain go asing ini ditujukan untuk menyebarkan permainan ini ke seluruh dunia, dengan menargetkan semua negara dan wilayah, tidak termasuk Cina, Korea Selatan, Taiwan dan Korea Utara. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com