Entertainment

Parasite Menang di Golden Globes, Sejarah untuk Perfilman Korea

Musik & Film

7 Januari 2020 02:01 WIB

Poster Parasite.

Solotrust.com - "Parasite", film karya Bong Joon Ho yang menggambarkan sistem kelas sosial yang mengakar melalui kehidupan keluarga kaya dan miskin berhasil meraih penghargaan film berbahasa asing terbaik di Golden Globe Awards, yang diumumkan Senin (6/1/2020) di Beverly Hilton, Beverly Hills, California.

"Parasite" menang dari sejumlah film lain yakni "The Farewell" dari Lulu Wang, "Pain and Glory" dari Pedro Almodovar, "Les Miserables" dari Ladj Ly, dan "Portrait of a Lady on Fire" dari Celine Sciamma.



Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah ada film buatan Korea yang memenangkan penghargaan Golden Globe. Film ini pun dinominasikan untuk kategori best screenplay dan best director. Kendati demikian, best screenplay dimenangkan Quentin Tarantino dalam "Once Upon a Time in Hollywood" dan best director diraih Sam Mendes dalam "1917".

"Jika Anda mengatasi penghalang subtitle setinggi satu inci, Anda akan diperkenalkan dengan begitu banyak film yang luar biasa. Hanya dinominasikan bersama dengan sesama pembuat film internasional yang luar biasa saja adalah suatu kehormatan besar. Saya pikir kita hanya menggunakan satu bahasa: bioskop," kata Bong saat menerima trofi penghargaan.

Sejak dirilis di AS pada bulan Oktober, film ini telah meraup lebih dari US$23 juta (sekitar Rp320 miliar), yang menjadikannya film terjemahan paling populer tahun ini. (Lin)

(wd)