Minggu , 5 April 2020

Terjun di 173 Desa, Mahasiswa KKN UNS Wajib Tanam Pohon

15 Januari 2020 01:01 WIB


Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho saat melepas mahasiswa peserta KKN, di halaman Gedung dr Prakoso UNS, Selasa (14/01/2020). (Dok. Humas UNS)

SOLO, solotrust.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) memberangkatkan sebanyak 1738 mahasiswa dan 77 dosen pembimbing lapangan (DPL). Mereka diterjunkan di 173 desa dari 55 kecamatan, 32 kabupaten, dan 8 provinsi serta 1 di luar negeri, Sabah Malaysia, Senin (14/01/2020).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS, Okid Parama Astirin menjelaskan, total ada 18 tema diangkat dalam KKN Periode XII Tahun 2020 ini.



“Tema yang diangkat ada Optimalisasi Potensi Desa dan Pengembangan Bumdes, Pemanfaatan dan Pengelolaan Hasil Hutan, Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM Desa, Pemberdayaan Ekonomi Lokal Desa, Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Kreatif, Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID), Pengentasan Kemiskinan dan Layak Anak, Peningkatan Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa, hingga Kemitraan Jawa dan Luar Jawa,” paparnya kepada wartawan, usai upacara penerjunan mahasiswa KKN di kampus setempat.

Okid Parama Astirin menambahkan, agenda wajib bagi mahasiswa KKN adalah melakukan penanaman pohon di setiap lokasi KKN, yakni satu orang lima pohon, kemudian mengabadikannya dan mengunggah di media sosial.

“Sebagai generasi milenial tentu perlu dilakukan pendekatan kepada masyarakat yang menyesuaikan kemajuan zaman. Dengan mengangkat tema-tema tersebut diharapkan UNS bisa terus berkontribusi untuk masyarakat,” jelasnya. (adr)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com