Sabtu , 4 April 2020

“Connect, BTS”, Proyek Seni yang Hubungkan Seniman Lintas Benua yang Selaras dengan Filosofi BTS

15 Januari 2020 14:55 WIB


BTS. (Dok. Big Hit Entertainment).


Solotrust.com- Jelang rilisnya album terbarunya "Map of the Soul:7", BTS meluncurkan proyek bernama "Connect, BTS" pada 14 Januari 2020.



Melalui laman www.connect-bts.com, dijelaskan bahwa "Connect, BTS" adalah proyek global untuk menghubungkan lima kota dan dua puluh dua seniman, yang masing-masing menyumbangkan filosofi dan imajinasi mereka yang unik.

Baca: MV Idol BTS Tembus 600 Juta Kali Tayang di YouTube

"Proyek ini bertujuan untuk mendefinisikan kembali hubungan antara seni dan musik, materi dan immaterial, artis dan audiens mereka, artis dan artis, teori dan praktik," demikian tujuan dari proyek itu.

Lebih lanjut, "Connect, BTS" dapat dijelaskan sebagai kuratorial kolektif oleh kurator di seluruh dunia yang selaras dengan filosofi BTS.

Proyek berupa pameran seni ini akan berlangsung di London, Berlin, Buenos Aires, Seoul, dan New York selama kurang lebih 3 bulan ini. Pameran ini gratis untuk dikunjungi siapa saja.

Pameran di London berlangsung dari 14 Januari hingga 6 Maret, di Berlin dari 15 Januari hingga 2 Februari, Buenos Aires dari 21 Januari hingga 22 Maret, Seoul dari 28 Januari hingga 20 Maret, dan New York dari 5 Februari hingga 27 Maret.

Untuk London, seniman Denmark Jakob Kudsk Steensen mempresentasikan “Catharsis,” sebuah karya audio-video mendalam yang menggambarkan simulasi digital dari pertumbuhan hutan.

Perlu diketahui bahwa proyek ini bukanlah proyek dimana BTS menciptakan karya seni visual atau dimana seniman menyajikan karya seni yang terinspirasi oleh BTS.

"Proyek ini adalah serangkaian pameran yang dibuat oleh seniman dan kurator yang berbagi filosofi yang sama dengan BTS dalam bentuk dukungan untuk keragaman, cinta dan perhatian untuk periphery," kata Lee Dae Hyung, pengembang proyek ini sekaligus salah satu dari co- kurator, saat memperkenalkan proyek ini di Serpentines Galleries, di pusat Kota London, dikutip dari JoongAng Daily (14/1).

Baca: 10 Album Fisik Terlaris di AS Tahun 2019, BTS Peringkat Kedua

Jin BTS mengatakan via live streaming, "Kita berbicara dengan bahasa yang berbeda dan berasal dari berbagai latar belakang budaya dan telah menjalani pengalaman hidup yang unik. Seni dan musik kontemporer juga dua dunia yang berbeda. Proyek ini sangat berarti bagi kami karena benar-benar mewakili keragaman dan menciptakan pesan kolektif dan positif bagi dunia yang kami hargai." (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com