Jumat , 3 April 2020

LPPM UNS Dorong Pembangunan Prodi Bermutu Unggul

17 Januari 2020 18:00 WIB


LPPM UNS saat FGD di Fakultas Keolahragaan UNS, Selasa (14/1/2020).


SOLO, solotrust.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sebelas Maret (LPPM UNS) Surakarta berupaya untuk meningkatan Mutu Program Studi dan Fakultas sebagai Unit Pengelola Program Studi (UPPS) berbasis Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 dan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi IAPT 3.0.



Koordinator bidang Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) LPPMP UNS, Dr. Muhammad Rohmadi menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk menyosialisikan program pentingnya membangun dan membudayakan mutu di lingkungan prodi, fakultas, lembaga, dan secara komprehensif pada 13 – 15 Januari 2020.

“Hal ini sebagai bentuk komitmen LPPMP UNS sebagai penjaga gawang mutu semua prodi, fakultas, lembaga, UPT, dan unit-unit kerja di UNS,” kata Rohmadi dalam keterangan tertulis yang diterima solotrustcom, pada Selasa (14/1/2020)

Sementara itu, Kepala LPPM UNS Prof. Nunuk Suryani menjelaskan, untuk menindaklanjuti target yang dicanangkan tersebut, LPPMP UNS mengambil langkah-langkah setrategis, antara lain membangun super tim dari tingkat universitas, ada Pusat Pengembangan Sistem Manajemen Mutu (PPSMM), Unit Penjaminan Mutu (UPM) di tingkat Fakultas/Pascasarjana/Lembaga/UPT, dan Gugus Kendali Mutu (GKM) di tingkat prodi.

“Kemudian mengubah Mindset Tim UPM dan GKM melalui FGD untuk penguatan dan penyeragaman tata kelola SDM di tingkat universitas, fakultas, dan prodi diharapkan dapat berdampak pada peningkatan mutu secara signifikan,” katanya

Selain itu, upaya lain adalah membangun sistem informasi mutu berbasis IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 berbasis intranet untuk pengisian Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan pendeskripsian LED berbasis data online.

“Terakhir melakukan pelatihan untuk asesor internal uns, wakil dekan bidang akademik, tim UPM, GKM mengenai pengisian LKPS dan pembuatan LED sesuau dengan panduan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 dari BAN PT,” jelas dia.

Pembekalan dan penguatan UPM dan GKM ini diharapkan dapat mendukung penguatan dan pembudayaan mutu secara bertahap di prodi dan fakultas untuk mendukung reakreditasi UNS dengan IAPT 3.0 9 kriteria yang akan dilaksanakan tahun 2022.

"Pembentukan tim UPM di tingkat fakultas dan GKM di tingkat prodi diharapkan menjadi investasi modal SDM Mutu  bagi LPPM UNS untuk meningkatkan dan mewujudkan budaya kerja bermutu Unggul secara komprehensif berbasis IAPS 4.0 dan IAPT 3.0,” pungkasnya. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com