Senin , 30 Maret 2020

Queen dan Adam Lambert Ungkap Bagaimana BTS dan K-Pop Menginspirasi Mereka

18 Januari 2020 06:05 WIB


BTS. (Dok. Big Hit Entertainment).


Solotrust.com - Anggota band rock asal Inggris Queen dan Adam Lambert berbagi pemikirannya tentang BTS dan K-Pop secara umum, yang ternyata menginspirasi mereka.



Dilansir dari SBS Star, pada 17 Januari 2020, Roger Taylor dan Brian May dari Queen dan Adam Lambert menggelar konferensi pers di salah satu hotel di Seoul sebelum menggelar konser "Queen & Adam Lambert: the Rhapsody Tour", yang dijadwalkan akan segera dihelat di Gocheok Sky Dome.

Dalam konferensi pers itu, mereka ditanya apakah mereka tau tentang K-Pop. Roger Taylor mengangguk dan menjawab, "Pertama-tama, selamat untuk K-Pop karena telah mengambil alih dunia. Saya benar-benar berharap itu akan terus berjalan dengan baik. K-Pop tentu bukanlah hal dari generasi kita, tetapi saya sadar dari popularitas yang melonjak di kalangan generasi muda. Ini sangat besar di negara asal saya juga."

Untuk informasi, di Inggris BTS mencatatkan sejumlah capaian impresif, salah satunya dalam hal konser. Tiket konser "Love Yourself: Speak Yourself" pada 1 Juni 2019 yang dihelat di Stadion Wembley habis terjual, bahkan hanya dalam waktu 90 menit.

Dengan capaian tersebut, BTS menjadi artis ke-12 hingga saat ini yang berhasil menjual habis tiket konsernya di stadion tersebut. 11 artis lain yang bisa menjual habis seluruh tiket konser di Wembley adalah Queen, Michael Jackson, Muse, Madonna, Beyonce, One Direction, Eminem, Spice Girls, Oasis, Take That, dan Ed Sheeran.

Dengan itu, BTS juga sekaligus menjadi artis Korea Selatan bahkan Asia pertama yang bisa menjual habis tiker konser di stadion terbesar di Inggris tersebut.

Grup beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan JungKook itu semula dijadwalkan menggelar konser di Wembley pada 1 Juni, namun BigHit mengumumkan penambahan hari yakni pada 2 Juni setelah tiket sold out dalam waktu singkat. Konser itu berhasil mendatangkan 120.000 penonton dalam dua hari tersebut.

Salah satu yang menjadi sorotan dari konser tersebut adalah pada saat encore, yangmana BTS yang dipimpin Jin memberikan penghormatan kepada Freddie Mercury, vokalis dari band legendaris Queen.

Jin menirukan chant "ay-oh" dari Freddie Mercury kepada para penonton yang hadir, yang mengacu pada penampilan Queen dalam konser Live Aid tahun 1985 silam. Aksi Jin tersebut sontak disahut oleh ARMY (sebutan fans BTS) yang ada di sana.

Dalam konser itu, Jin juga memuji London yang menjadi rumah bagi para musisi besar. Beberapa waktu sebelumnya dia juga mengatakan telah menonton “Bohemian Rhapsody", film biografi tentang kehidupan Freddie Mercury dan Queen. Suga, anggota BTS yang lainpun pernah mengatakan bahwa ia bermimpi untuk tampil di Wembley setelah menonton Queen di Live Aid ketika masih kecil.

Momen Jin yang menirukan aksi Freddie Mercury itupun diposting di akun Twitter resmi Freddie Mercury, dengan caption “Sangat senang melihat warisan ini hidup."

Para penggemar pun memberikan reaksi yang positif untuk penghargaan yang dilakukan Jin tersebut. Salah satunya dengan menuliskan "Kami akan selalu memiliki Freddie. Dia tidak dilupakan, inspirasi sejati bagi generasi baru seniman dari seluruh dunia. Jin menghormati Freddie dengan cara yang ikonik".

Di Inggris, BTS pun menorehkan capaian luar biasa dalam chart Official. BTS berhasil menjadi artis Korea Selatan pertama yang memuncaki chart album Official dengan mini album (EP) "Map of the Soul: Persona".

"Persona" adalah album keempat BTS yang berhasil berada di Top 40 chart album Official, mengikuti tiga album sebelumnya yakni seri dari album Love Yourself (Her, Tear, dan Answer).

Masih dalam konferensi pers itu, Brian May berkomentar, "Sangat menyenangkan melihat K-pop membawa sensasi baru ini. Dulu, yang kami miliki hanyalah 'rock and roll'. Ada saat-saat ketika orang mengatakan bahwa rock and roll sudah mati. Meskipun begitu penggemar kami dan kami telah matang bersama."

May juga mengatakan, "Itulah sebabnya saya sangat ingin tahu tentang masa depan K-pop. Saya ingin tahu perubahan apa yang akan terjadi atau apakah akan selalu seperti sekarang."

Sementara itu Adam Lambert mengatakan, "Pemain K-pop, termasuk BTS, sangat menginspirasi saya. Saya sangat menyukai apa yang saya lihat di dalamnya. Saya menemukan bahwa diri mereka sendiri dan juga penampilan mereka semua sangat menarik secara visual."

BTS sendiri akan kembali dengan album baru "Map of the Soul: 7" akan rilis pada 21 Februari 2020. Video comeback trailer bertajuk "Interlude: Shadow" yang dibawakan Suga sudah diunggah pada 10 Januari lalu, menggambarkan bagaimana BTS bergulat dengan shadow (bayang-bayang) sebagai efek dari popularitas mereka.

Pre-order "7" yang dimulai pada 9 Januari lalu pun menjadi yang tertinggi dalam sejarah Korea Selatan, yakni 3,42 juta kopi dalam seminggu, melampaui album sebelumnya "Map of the Soul: Persona". (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com