Minggu , 5 April 2020

Hijrah dari Yogya ke Solo, Xpress Air Siap Terbangi Solo-Kalimantan

24 Januari 2020 18:01 WIB


Maskapai Xpress Air. (Dok. Istimewa)

SOLO, solotrust.com – Maskapai Xpress Air segera beroperasi di Bandara Adi Soemarmo Solo untuk melayani penerbangan rute Solo-Kalimantan. Hal itu diungkap General Manajer PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman.

“Xpress Air beroperasi di Solo 21 Maret. Rutenya Palembang, Samarinda, Pontianak, dan Lampung," kata Usman kepada wartawan, Jumat (24/01/2020).



Pihaknya menjelaskan, maskapai tersebut berpindah ke Solo dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta seiring perpindahan operasional penerbangan ke New Yogyakarta International Airport (NYIA). Maskapai dengan pesawat jenis Boeing Series Classic memilih pindah rute ke Solo karena belum memiliki alat Performance Based Navigation (PBN).

“Sebelumnya, rutenya Yogya-Kalimantan. Di Solo rencananya akan beroperasi tiga kali dalam satu minggu,” kata Abdullah Usman.

Kedatangan pesawat terbang dengan kapasitas 150 penumpang tersebut di Bandara Solo digadang-gadang menjadi primadona baru penumpang, mengingat tidak sedikit masyarakat Soloraya bekerja di Kalimantan.

“Selama ini tingkat keterisiannya cukup bagus. Load factor-nya rata-rata 80 persen,” ungkap dia.

Lebih lagi, kata Usman, didukung dengan adanya integrasi moda transportasi kereta api (KA) Bandara yang memudahkan menjangkau stasiun atau terminal bus dari Bandara Adi Soemarmo. Bahkan, dirinya juga mengaku telah berkoordinasi dengan pihak maskapai Xpress Air untuk membuka loket penjualan tiket di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo sehingga memudahkan penumpang. (adr)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com