Selasa , 7 April 2020

Antisipasi Wabah Corona, RSUD Dr. Moewardi Siapkan Ruang isolasi Hingga Alat pelindung Diri

28 Januari 2020 10:02 WIB


Ruang isolasi di Ruang Anggrek RSUD Dr. Moewardi, Jebres, Solo, Senin (27/1/2020).

SOLO, solotrust.com – Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Solo sebagai rumah sakit kelas A atau pusat rujukan menyatakan siap menangani jika sewaktu-waktu ditemukan kasus Wuhan Coronavirus dan segera membutuhkan pertolongan, dua ruang isolasi dan extra bed, dokter, peralatan hingga obat – obatan disiagakan.

“Pada prinsipnya kami sangat siap mengantisipasi wabah corona jika masuk daerah kita, harapannya tentu infeksi itu tidak masuk ke Solo, kita siapkan mulai dari tenaga ahli, peralatan sampai dengan isolasi,” ujar Direktur Utama RS Dr. Moewardi Cahyono Hadi dalam jumpa pers di rumah sakit setempat, Jebres, Solo, Senin (27/1/2020)



Jika ada rujukan disiapkan skenario agar tidak ada kontak dengan pengunjung rumah sakit atau pasien lain, diarahkan langsung ke ruang isolasi, begitupun pasien yang datang dengan inisiatif pribadi, IGD RSUD Moewardi tersedia ruang isolasi.

“Ruang alternatif ada jalur khususnya terpisah dari pasien lain, obat dan alat pelindung diri seperti N95, jas kerja disposable, sarung tangan, kaca mata pelindung, sepatu pelindung dan lainnya, kami siapkan,” tegasnya.

Dokter yang disiagakan meliputi dokter spesialis paru, penyakit dalam, anak, patologi klinik, radiologi, THT dan konsulan lain yang tergabung dalam Tim Severe Acute Respiratory Infection (SARI). Dalam waktu dekat, RS. Dr. Moewardi melaksanakan simulasi penanganan pasien suspect virus corona yang dirujuk maupun datang dengan inisiatif pribadi.

“Kami segera menggelar simulasi memperagakan bagaimana pasien datang bisa datang melalui rujukan atau datang sendiri,” ujar Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas RSUD Dr. Moewardi Eko Haryanti

Ketua SARI, Harsini menjelaskan, sosialisasi dan koordinasi terus dilakukan baik dari petugas medis, perawat maupun penunjang agar pasien airborne  mendapatkan prioritas pelayanan. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com