Senin , 6 April 2020

Pemerintah Melepas Tim Evakuasi untuk Menjemput 245 WNI di Tiongkok

2 Februari 2020 08:00 WIB


Situasi di Tiongkok.

TANGERANG - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Lestari Priansari resmi melepas 42 orang guna membantu evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih terjebak di Provinsi Hubei, Tiongkok, akibat penyebaran Virus Corona yang semakin buruk.

"Jumlah WNI yang akan kembali dengan tim penjemputan 245 (WNI) plus lima orang Tim Aju kita yang sudah ada di lapangan sejak kemarin, ikut pulang untuk menjalankan protokol kesehatan. Sehingga yang akan naik dari Wuhan 250 orang," katanya saat konferensi pers di Bandra Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (1/2/2020).



Baca: Kemenkes Siapkan Anggaran untuk Pasien Terjangkit Virus Corona

Adapun Tim Aju (edvance) merupakan, satuan tim persiapan awal yang membantu dalam proses evakuasi sehingga bisa berjalan lancar.

Retno menjelaskan, tim evakuasi akan menjemput para WNI dan menjalankan protokol kesehatan saat melakukan evakuasi, dan akan menjalankan prosedur yang serupa ketika tiba Indonesia, sehingga  WNI yang ada di Provinsi Hubei dapat dipastikan dalam kondisi baik.

"Sebelum pulang serangkaian kesehatan dilakukan untuk memastikan bahwa WNI dalam kondisi sehat. Kondisi ini bukan kondisi yang normal maka kedisiplinan protokol kesehatan akan terus diberlakukan, termasuk saat perjalanan dan ketibaan," ujarnya.

Reno juga menjelaskan, bahwa protokol kesehatan tak hanya berlaku bagi seluruh tim dan WNI yang dipulangkan, tetapi juga bagi pesawat yang digunakan untuk melakukan evakuasi, sehingga bisa meminimalisir potensi penyebaran Virua Corona.

Kemudian ia memastikan bahwa 245 WNI yang masih berada di provinsi Hubei masih berada dalam keadaan sehat dan siap dievakuasi, serta mereka juga telah bergerak ke Kota Wuhan sebagai titik evakuasi.

"Saya dapat laporan kondisi saudara kita sehat dan senang akan kembali ke tanah air. Dan warga negara yang ada di beberapa titik di Provinsi Hubei sudah mulai bergerak menuju Wuhan (untuk evakuasi)," jelasnya.

Dalam misi evakuasi 245 WNI, Pemerintah menggandeng Batik Air untuk memuluskan misi ini dengan menggunakan pesawat Airbius 330-300 yang memiliki kapasitas tempat duduk 392 orang.

Baca: Efek Corona, Bandara Adi Soemarmo Pulangkan 173 Turis Tiongkok

Kemudian maskapai yang termasuk ke Grup Lion Air berangkat pada Sabtu (1/2), pukul 13.00 WIB dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Bandar Udara Internasional Tianhe Wuhan. Namun pemerintah belum bisa memastikan kapan peswat tersebut bisa kembali ke Indonesia. #teras.id


 

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com