Selasa , 7 Juli 2020

5 Tips dan Trik Jitu Lulus Tes SNMPTN 2020

17 Februari 2020 13:31 WIB


Ilustrasi (Pixabay)

Solotrust.com - Tips dan Trik Jitu Lulus Tes SNMPTN 2020: Siapa tak ingin kuliah di perguruan tinggi negeri? Pastinya semua pelajar ingin meneruskan pendidikan di universitas favorit.

Nah, jika kamu pengin bisa kuliah di universitas negeri idaman kamu, tentu wajib ikut tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Adapun untuk penyelenggaraan tahun itu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan proses pendaftaran dibuka pada 14 Februari 2020 hingga 27 Februari 2020 mendatang.



Kamu tentu tahu, untuk bisa lulus tes SNMPTN pastinya tidak mudah sebab kita harus bersaing dengan puluhan ribu, bahkan ratusan ribu peserta dari seluruh daerah di Indonesia. Nah, agar kamu punya peluang lolos, perlu tahu dulu caranya. Berikut solotrust.com bagikan beberapa tips dan trik lolos SNMPTN 2020 dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tentukan jurusan sesuai bakat dan potensimu

Memilih jurusan sangat penting karena akan memengaruhi masa depanmu kelak. Oleh sebab itu, sebelum mendaftar SBMPTN, tentukan jurusan sesuai bakat dan potensimu. Selanjutnya,pilih PTN yang memiliki jurusan tersebut. Jangan lupa, pilih jurusan dan PTN yang telah terakreditasi BAN-PT. Hal ini penting sebab akreditasi dari suatu jurusan dan PTN berhubungan dengan kualitas pendidikan di instansi tujuan kamu.   

2. Pahami Sistem Penilaian SNMPTN

Memahami sistem penilaian SNMPTN menjadi salah satu faktor penting agar kamu punya peluang lolos tes. Perlu diketahui, SNMPTN tidak hanya mengandalkan nilai rapor, namun juga mempertimbangkan indeks sekolah. Adapun penilaian nilai rapor meliputi besar nilai, konsistensi, dan rata-rata dari nilai mata pelajaran tertentu. Sementara indeks sekolah meliputi akreditasi, track record alumni di PTN tujuan, jenis kelas (SBI/reguler/RSBI), dan prestasi sekolah.

3. Pertimbangkan Prestasi Nonakademik

Selain berdasarkan penilaian prestasi akademis, proses seleksi SNMPTN juga lewat penilaian berdasarkan prestasi nonakademik. Jadi, kamu jauh lebih punya potensi diterima jika memiliki prestasi nonakademik berhubungan dengan jurusan yang dipilih.

4. Bersikap realistis

Bersikaplah realistis dalam memilih PTN dan jurusan sesuai kemampuan kamu. Pertimbangkan baik-baik dalam memilih PTN yang ingin kamu tuju. Pertimbangkan jumlah pendaftar dan peluang kamu diterima di PTN tersebut.

5. Perbanyak Doa

Apa pun usaha yang kita lakukan tentu saja harus disertai doa. Demikian pula jika kamu ingin lolos SNMPTN pastinya perlu memperbanyak doa. Selain berdoa setiap saat, jangan lupa pula untuk minta doa dan restu orang tua agar apa yang kamu cita-citakan bisa tercapai.

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com