Senin , 25 Mei 2020

5 Tips Sederhana Memilih Pinjaman Online yang Aman Terpercaya

28 Februari 2020 06:00 WIB


Solotrust.com - Dalam memilih layanan pinjaman online kita dihadapkan banyak pilihan. Semakin kesini jumlahnya bahkan terus bertambah. Perlu kita ingat bahwa layanan pinjaman peer to peer lending mulanya disediakan oleh perusahaan bagi masyarakat yang tidak bisa mengakses kredit bank. Itulah sebabnya kenapa kita perlu mendahulukan pilihan kredit bank ketimbang layanan pinjol.

Selain unggul dalam proses cepat dan syarat yang tidak memberatkan, pinjaman online juga memiliki kelemahan. Kelemahan utamanya ialah akumulasi biaya dan bunga yang tinggi, bahkan bisa mencapai 24% per bulan. Untuk itu kita perlu berhati-hati bukan hanya untuk menentukan tempat pinjam uang online. Tapi juga dalam menentukan jumlah pengajuan dan durasi kredit sesuai kemampuan mengembalikan utang tersebut.



Selain memastikan tempat pinjaman uang online berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menurut gopinjol.com masih ada beberapa tips buat menentukan tempat pinjam uang online terbaik, berikut lima diantaranya:

1. Kredibilitas Pemberi Pinjaman

Jika kita melihat perkembangan peer to peer lending di Indonesia maka tak bisa lepas dari peran OJK sebagai badan otoritas jasa keuangan. Hampir tiap bulan OJK merilis sederet penyelenggara pinjam meminjam online yang telah berizin maupun sekedar terdaftar.

Namun ketika ingin memilih satu dari sekian banyak layanan pinjam meminjam online, melihat legalitas saja belum cukup. Kita perlu memastikan bahwa perusahaan pemberi pinjaman tersebut memiliki kredibilitas tinggi. Kredibilitas perusahaan fintech bisa kita lihat dari Tingkat Keberhasilan Bayar (TKB) 90, serta pengalaman pengguna yang puas terhadap layanan tersebut.

2. Plafon dan Durasi Pinjaman yang Tepat

Banyak orang bilang memperoleh pinjaman lewat aplikasi pinjol adalah hal yang mudah. Tapi jika kita benar-benar dihadapkan pada situasi mendesak, belum tentu proses pinjam meminjam sesuai dengan harapan. Terutama pada jumlah plafon kredit dan durasi pinjaman yang bisa kita pilih.

Plafon dan durasi pinjaman tepat sangat kita butuhkan untuk memastikan kemampuan mengembalikan hutang ditambah sejumlah biaya sesuai kesepakatan.

Logikanya mudah saja, pinjaman uang online banyak ditawarkan dengan pilihan durasi 7, 14, dan 28 hari. Sedangkan kita mengandalkan gaji sebagai sumber pembayaran hutang tersebut. Jika tidak pandai menentukan durasi pinjaman yang tepat bisa saja jatuh tempo pembayaran kita sebelum tanggal gajian bulan berikutnya. Pertimbangan inilah yang perlu kita waspadai.

Disamping itu pinjaman dengan jumlah kecil terkadang belum cukup menutup kebutuhan finansial kita. Sedangkan pinjaman jumlah besar cukup memberatkan proses pengembaliannya. Baiknya kita tentukan jumlah pembayaran yang bakal kita kembalikan gak lebih dari 30 persen gaji bulan depan. Harapannya proses pengembalian pinjaman lancar dan keuangan pribadi tidak terganggu.

3. Layanan yang Berkualitas

Jika Anda memilih layanan pinjaman online, pastikan bahwa pelayanan perusahaan tersebut berkualitas. Berkualitas dalam artian benar-benar mengedepankan keamanan dan kepuasan pengguna serta mengikuti regulasi OJK.

Layanan berkualitas juga bisa kita ukur dari keseriusan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Nomor telepon yang mudah dihubungi, hingga alamat surel bahkan fitur chatting jika ada. Semakin mudah kita berkomunikasi dengan pemberi pinjaman biasanya semakin berkualitas pula layanan yang mereka berikan.

4. Ulasan dan Kepuasan Pengguna

Jangan buru-buru menginstall aplikasi pinjaman online. Sebaiknya terlebih dahulu Anda baca ulasan pengguna terhadap aplikasi tersebut. Ya meskipun tiap ulasan mencerminkan subyektifitas masing-masing pengguna dari pengalaman mereka. Namun secara mudah kita bisa menyimpulkan bagaimana kualitas aplikasi pinjol tersebut.

Semakin banyak pengguna yang merasa puas terhadap layanan aplikasi pinjaman online, semakin layak aplikasi tersebut Anda install. Begitu pula sebaliknya, jika terlalu banyak pengalaman pengguna yang merasa kecewa sebaiknya cari aplikasi lain dulu. Toh pilihannya seabrek kok sekarang ini.

5. Membandingkan Biaya secara Sederhana

Jangan telan mentah-mentah informasi yang Anda dapatkan. Terlebih dari deskripsi aplikasi pinjaman uang online baik di playstore maupun APPStore.

Tahu kenapa? Yup mayoritas deskripsi tersebut mereka tuliskan untuk menarik pengguna, tapi tidak ada jaminan bahwa apa yang mereka tuliskan sama seperti praktik yang sebenarnya.Membandingkan biaya secara sederhana juga menjadi salah satu tips buat memilih pinjaman online terbaik.

Kesimpulan dari kelima tips memilih layanan pinjaman uang onlinedi atas adalah kesesuaian pinjaman dengan kemampuan bayar. Jika kita bisa mengembalikan hutang tepat sebelum jatuh tempo dan tanpa mengganggu keuangan pribadi, itulah pinjaman online terbaik yang layak diambil.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com