Rabu , 28 Oktober 2020

Penyebab dan Cara Mengatasi Whatsapp Web Tidak Bisa Dibuka

12 Maret 2020 15:59 WIB


solotrust.com - Di era digital ini siapa yang tak kenal dengan whatsapp? Aplikasi komunikasi terlaris ini telah diunduh jutaan kali oleh pengguna android. Bahkan saking larisnya kini tersedia versi web yang dapat diakses dengan wifi, kuota melalui PC atau laptop.

Kamu dapat membukanya dengan mudah pada beberapa jenis browser terbaru seperti opera, chrome lain sebagainya. Whatsapp webbekerja dengan melakukan verifikasi dan menyingkronkannya dengan akun yang terhubung pada smartphone.



Untuk login ke whatsapp web caranya pun sangat mudah. Kamu Cuma perlu melakukan scanning pada barcode yang muncul di monitor PC atau laptop Kamu. Selanjutnya whatsapp web akan terhubung dengan akun milikmu, lengkap dengan pesan dan nama-nama kontak di dalamnya.

Meskipun fitur ini dianggap menguntungkan, namun kenyataannya aplikasi ini sering mengalami masalah. Masalah yang sering dirasakan adalah akun utama yang ada di HP dan  whatsapp web laptop-komputer tidak bisa dibuka.

Hal ini tentu sajamemang sangat merepotkan, apalagi saat ini WA sering dijadikan sebagai media komunikasi utama. Masalah pada hp biasanya dipicu aplikasi kadaluarsa ataupun faktor yang disebabkan dari pihak ke-3 seperti pemasangan aplikasi whats app non-resmi.

Baca juga: cara mengatasi whatsapp tidak bisa dibuka dan tidak bisa login.

Biasanya kalau tidak bisa masuk whatsapp, kebanyakan orang akan langsung merefresh aplikasi mereka, dengan harapan wahatsappdapat kembali digunakan. Akan tetapi kalau kamu sudah mencobanya dan tidak membuahkan hasil, lalu apa yang harus dilakukan?

Jika Kamu mengalami masalah serupa maka tidak usah panik, karena penjelasan berikut cara mengatasinya akan dibahas dalam bacaan berikut ini secara lengkap.

Cara Mengatasi Whatsapp Web Tidak Bisa Dibuka

1. Pastikan Komputer Terhubung Dengan Internet

Untuk menggunakan whatsappweb, kedua perangkat harus saling tersinkronisasi. Jadi komputer dan smarphone harus sama-sama mendapat koneksi internet. Jika ada salah satu yang tidak terhubung maka Kamu tidak akan bisa login.

Bagaimana cara mengetahui kalau whatsapp webmu terhubung atau tidak? Kamu bisa mengetahuinya lewat indikator yang tepat berada di atas halaman whatsapp web, jika tidak terhubung biasanya akan muncul notifikasi berwarna kuning.

2.Restart Ponsel

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi  whatsapp web tidak bisa dibuka adalah dengan memulai ulang perangkat seluler Kamu.

Dengan melakukan ini maka seluruh aplikasi dan system android akan dijalankan lagi dari awal. Sehingga penyebab masalah error whatsapp Kamu pun dapat teratasi.

3.Nyalakan Data Seluler

Koneksi wifi terkadang memang bisa bermasalah, terutama jika hujan tiba. Akan lebih susah lagi jika terjadi pemadaman yang mengakibatkan router ikutan mati.  Maka dari itu selalu siapkan paket data pada kartu SIM sebagai cadangan.

Login whatsapp web tidak bisa dilakukan apabila ponsel Kamu tidak terhubung dengan internet. Hal ini dikarenakan whatsapp web memerlukan verifikasi dari smartphone Kamu secara real time.

Jika koneksi yang Kamu gunakan saat ini berasal dari wifi, maka cobalah untuk menggantinya dengan menggunakan data seluler. Kamu dapat menyalakannya dengan masuk ke menu pengaturan android yang bernama konektivitas, kemudian nyalakan jaringan seluler.

 

4.Gunakan Mode Pesawat

Sinyal yang buruk akan membuat koneksi internet melemah sehingga proses buka akun whatsapp lama. Kalau jaringanmu terasa lelet, Kamu bisa mengatasinya menggunakan mode pesawat.

Loh, kok malah disuruh hidupin mode pesawat? Bukannya bikin data kita mati? Tenang yang, dimaksud menggunakan mode pesawat disini cuma menghidupkannya sebentar, lalu mematikannya kembali.

Saat masuk ke mode pesawat, data Kamu memang akan dimatikan, namunsaat mode ini dinonaktifkan  kembali makaperangkat akan mencari jaringan secara otomatis seperti HP yang baru saja dinyalakan.

Cara ini akan menormalkan jaringanmu supaya kekuatan sinyalnya kembali stabil, Sehingga Kamu tidak perlu repot-repot merestart perangkatmu.

BACA JUGA BERITA DIBAWAH INI:

5.Periksa Data Latar Belakang Pada Whatsapp

Setiap aplikasi yang berjalan secara online membutuhkan pasokan data yang dapat membuatnya tetap aktif meski tidak digunakan sekalipun. Fitur inilah yang membuat Kamu bisa menerima pesan dari WA setiap saat.

Jika fitur ini tidak dinyalakan tentu sajaKamu akan kesulitan untuk login. Untuk menghidupkannya, masuklah ke pengaturan aplikasi di ponselmu, kemudian pilih whatsapp di bagian aplikasi terinstal.

Selanjutnya masuklah ke penggunaan data dan hidupkan data latar belakang dengan melakukan swap ke arah kanan.

6.Periksa Jaringan Wifi

Apabila whatsapp web susah dibukasaatmenggunakan jaringan wifi, maka matikan dulu koneksinya pada PC atau smartphone kalian.  Kemudian nyalakan kembali, dan cobalah untuk login ulang pada whatsapp web.

Kalau kebetulan Kamu menggunakan wifi kantor atau di tempat umum, maka Kamu bisa coba untuk mengganti jaringannya.

Biasanya wifi yang digunakan di kantor maupun kampus dibatasi hanya untuk mengakses web tertentu saja. Sehingga ada kemungkinan bahwa whatsapp web dikecualikan, tujuannya tidak lain supaya para penggunanya memakai koneksi wifi untuk hal yang lebih bermanfaat.

7.Matikan dan Nyalakan Kembali Router Wifi

Akun yang tidak bisa diakses whatsapp web bisa disebabkan oleh sinyal koneksi yang tidak stabil. Kalau kamu menggunakan wifi pribadi dan mengalami hal semacam ini, maka Kamu bisa menaruh curiga pada router.

Router wifi yang sudah usang biasanya mulai bermasalah sehingga tidak bisa memancarkan sinyal dengan baik. Kamu dapat mengatasinya dengan mematikan router tersebut, dan kemudian menghidupkannya kembali. Jika sudah selesai cobalah cek kekuatan sinyalnya sekarang.

8.Update Whatsapp Ke Versi Yang Terbaru

Padahal kemarin masih bisa, tapi kenapa sekarang akun whatsapp saya tidak bisa dibuka? Mungkin saja penyebabnya adalah versi aplikasi yang Kamu pakai sudah kadaluarsa.

Whatsapp memang menyediakan batas waktu bagi penggunanya untuk melakukan update, sehingga meski pemberitahuan update dihiraukan, dalam beberapa hari aplikasi tersebut masih bisa digunakan. Tapi begitu waktu ini sudah habis, maka kamu otomatis tidak bisa login.

Satu-satunya cara tentu saja dengan melakukan pembaruan secara resmi melalui playstore atau IOS. Jika memang benar terdapat versi terbaru, maka langsung saja pencet tomblol update. Ukurannya gak besar kok, biasanya untuk pembaruan hanya memakan kuota di bawah 50mb.

Setelah WA Kamu selesai diinstal, cobalah untuk membukanya. Sekarang pasti whatsapp sudah bisa digunakan, dan Kamu bias mencobanya untuk login ke whatsapp web.

9. Tutup Whatsapp Web dan Buka Kembali

Whatsapp web bermasalah kadang juga sering menjadi penyebabnya. Hal ini dikarenakan performa computer yang kurang mumpuni untuk menjalankan program tersebut. Hasilnya software whatsapp web atau browser yang digunakan menjadi hang.

Jika whatsapp web tersebut sudah tidak bisa dijalankan, maka stop dulu dengan menggunakan end task. Kemudian coba buka kembali, jika berjalan lacar Kamu akan langsung diarahkan ke halaman untuk login. Sedangkan jika belum berhasi; sebaiknya restart laptop atau PCmu.

10.Nyalakan Koneksi Internet di Mode Hemat Daya

Entah menggunakan wifi ataupun data seluler, jika Kamu ingin terus terhubung dengan whatsapp web maka nyalakan terus koneksinya. Biasanya saat baterai ponsel tiba-tiba sekarat maka penggunanya secara tidak sadar menghidupkan mode hemat daya.

Mode hemat daya kebanyakan akan mematikan beberapa fungsi pada smartphone supaya masa hidup HP bertahan lebih lama.

Salah satu fitur penting yang dimatikan adalah koneksi internet. Oleh karena itu jika Kamu mengaktifkan mode ini saat mengakses WA, maka paling tidak hidupkan jaringannya.

11.Login Ulang Whatsapp Web                                                                   

Kadang kita sudah mencoba login berkali-kali, tapi terus saja gagal, Apakah whatsapp web down? Jika servernya down maka whatsapp yang sedang Kamu pakai di HP juga terkena masalahnya, tapi jika whatsapp android baik-baik saja, berarti masalahnya ada di whatsapp web itu sendiri.

Untuk mengatasinya, Kamu bisa melakukan login ulang pada whatsapp web dengan mengklik bagian kanan atas yang berupa titik 3. Selanjutnya Kamu bisa logout dan masuklah kembali ke dalam akun tersebut dengan melakukan scan melalui barcode.

Itulah tadi beberapa penyebab tidak bisa login whatsapp web serta cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya.

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang besar antara whatsapp web dengan whatsapp yang biasa kita gunakan pada smartphone. Malahan jika dibandingkan diantara keduanya, whatsapp web justru memiliki fitur yang sangat sedikit.

Whatsapp web sendiri sebenarnya diperuntukkan bagi mereka yang sibuk bekerja dan tidak sempat membuka ponsel, sehingga komunikasi tidak terputus. Meskipun begitu kehadirannya tidak bisa menggantikan peran WA yang ada pada smartphone.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com