Sabtu , 4 Juli 2020

Fungsi Kesehatan Lapangan di Tempat Tugas TMMD Reguler Pekalongan

21 Maret 2020 01:12 WIB


Satgas TMMD rawat warga yang kakinya terluka.


PEKALONGAN, solotrust.com – Inilah salah satu fungsi Kesehatan Lapangan (Keslap) TNI di lokasi TMMD Reguler 107 Kodim 0710 Pekalongan, di Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.



Terlihat Praka Arif Wicaksono, anggota Peleton Kesehatan dari Yonif 407 Padma Kusuma, sedang memberikan pertolongan pertama kepada Drajat (60), warga setempat yang mengalami luka robek pada bagian telapak kaki akibat terpeleset saat pengerjaan talud. Rabu (18/3/2020).

Dijelaskan Letda Infantri Slamet Tugas, Dan SST Yonif 407 Padma Kusuma, bahwa dalam setiap latihan maupun penugasan, satuannya selalu memberikan tim kesehatan melekat guna menghindarkan korban kecelakaan.

“Keslap juga merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung keberhasilan tugas/pekerjaan. Jika ada kecelakaan di tempat tugas seperti yang dialami Pak Drajat, pasti menjadi kendala jika tidak ada mereka,” ucapnya.

Diterangkannya juga, selama pelaksanaan TMMD Reguler, Tamtama Kesehatan (Takes) tersebut bergabung di Poskes Satgas TMMD Reguler yang terletak di Balai Desa Pantirejo, untuk berkolaborasi dengan Pelda Asmuni, dari Klinik Pratama-36 Kodim Batang yang juga bertugas di Pantirejo.

Sementara disampaikan Kepala Poskes Satgas TMMD, Pelda Asmuni, saat pekerjaan pembangunan berjalan, tenaga medis juga mendampingi ke lapangan guna membackup baik anggota Satgas maupun masyarakat.

“Jika sore dan malam, kita standby di Poskes untuk memberikan pelayanan kepada TNI dan masyarakat, secara non stop,” tegasnya.

Namun jika kecelakaan kerja cukup berat dan diluar kemampuannya, maka dirinya akan membantu proses evakuasi ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com