Selasa , 4 Agustus 2020

8 Investasi Emas Yang Bisa Jadi Referensi

28 April 2020 01:26 WIB


Solotrust.com - Semua orang pastinya ingin menjadi kaya dan sukses. Untuk menjadi kaya yang sukses orang orang bekerja keras untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Tetapi banyak juga yang memilih investasi untuk mendapatkan ke kayaan dan ke suksesan.

Banyak investasi yang di minati oleh banyak orang termasuk juga investasi emas. Bukan hanya banyak yang menyukai emas atau logam mulia ini, harganya yang sangat relative stabil di pasaran menjadikan orang orang percaya akan investasi ini.



Nah berikut ini adalah jenis investasi emas yang dapat kalian pilih.

Baca Juga: Investasi Emas

1. Emas batangan

Investasi emas batangan adalah investasi yang paling umum dan sangat di ketahui oleh banyak orang. Investasi ini pun sudah menjadi favorit kebanyakan orang, karena sifatnya yang mudah dan gampang di beli dan di jual kembali. Keuntungan dari investasi ini dapat di peroleh dalam jangka waktu yang panjang, jadi kalian harus sabar dan terus bersabar dalam investasi.

Akan tetapi kalian tidak usah khawatir, karena setiap pembelian emas batangan akan di sertai sertifikasi keaslian dan berat emas yang kalian beli. Kalian bisa membeli emas batang dari produk produk dari Antam.

2. Koin emas

Investasi koin emas bisa memiliki berbagai jenis. Dari koin emas mata uang, koin emas kuno, dan juga banyak lagi koin emas yang dapat di investasikan. Di Negara kita sendiri, Indonesia mengenal koin emas itu adlah koin emas Ongkos Naik Haji (ONH) dan juga koin emas dinar dari Pt. Antam. Yang wajib dan harus kita ketahui adalah pajak dari pertambahan nilai (PPN), jika kalian ingin sekali membeli koin emas.

3. Emas perhiasan

Siapa sih yang tidak tahu emas perhiasan. Kebanyakan orang sudah mengetahui ini, selain dapat di pakai oleh pribadi, emas perhiasan inipun juga dapat investasikan loh.

Kelebihan dari investasi emas perhiasan ini adalah kalian bisa menggunakannya sebagai barang pribadi di waktu tertentu. Investasi ini sangat di senangi di kalangan perempuan, bukan hanya dari fungsinya tetapi juga untung yang di dapatkan.

Untuk keuntungnnya sendiri pun dapat di katakan sama seperti emas batangan. Keuntungannya sendiri dapat bersifat dalam waktu jangka panjang. Untuk menjualnya sendiri, pastikan untuk harga emas yang kalian jual menutupi ongkos dari yang kalian beli.

4. Sertifikat emas

Kehilangan emas pasti bakal bikin kita sebel kan. Nah jika kalian khawatir dengan kehilangan emas kalian, maka kalian bisa memilih investasi di sertifikat emas. Kalian hanya cukup mengantongi selembar kertas untuk sebagai bukti kepemilikan logam mulia atau emas kalian. Jenis investasi emas yang ini bisa di bilang aman, karena bisa mengurangi resiko kehilangan emas kalian.

Kalian juga tidak perlu pusing pusing karena harus mengeluarkan uang untuk membayar deposit box nya. Emas kalian akan selalu aman di selembar kertas yang di berikan kepada kalian.

5. Exchange trade fund emas

Jenis investasi ini bisa di bilang mirip dengan investasi reksa dana. Namun yang menjadi bedanya dari keduanya adalah transaksi berlangsungnya di lantai bursa dengan prosedur prosedur yang lebih dan lumayan runyam. 

6. Reksa dana emas

Investasi emas juga bisa mencakup investasi reksa dana loh. Namanya sendiri reksa dana emas yang bisa jadi alternatif buat kalian untuk menghasilkan keuntungan yang banyak tanpa harus memiliki emas secara fisik. Profitnyanya sendiri di hasilkan dari beragam, profitnya berasal dari transaksi saham perushaan pertambangan emas dan juga bisa dari perdagangan fisik emas.

7. Emas lokal

Banyak industri skala kecil di Negara Indonesia yang memproduksi emas selain Antam. Kalian bisa mencoba jenis investasi ini. Yang menjadi perbedaan dengan Antam adalah emas lokal yang tidak memiliki standar harga, sehingga kalian harus pintar pintar dalam tawar menawar. Harga emas lokal pun juga tergantung dari kadar karatnya.

8. Emas Kuno

Sebagian hobi orang orang adalah mengkoleksi barang kuno, termasuk juga koin emas kuno. Apalagi sebagian besa emas kuno itu adalah koin. Yang menjadikan unggulnya investasi ini sendiri terlatak dari nilai histori dari koin tersebut. Dan justru karena itu juga nilai tukarnya sukar untuk di standarisasi. Yang paling penting semakin kuno dan semakin tua usia koin tersebut, nilai tukarnya akan semakin mahal juga. Rata rata yang mempunyai investasi dalam emas kuno ini adalah para hobi atau kolektor.

Kalian memang harus memiliki dana yang besar dan juga kesabaran. Karena butuh waktu yang panjang untuk mendapatkan koin emas kuno.

Nah bagaiman dengan 8 cara investasi emas di atas. Kalian bisa memilih dari salah satu yang saya bagikan ke pada kalian. Yang penting dalam ber investasi adalah tekun dan sabar, karena investasi emas juga membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang banyak.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com