Minggu , 31 Mei 2020

Politeknik Indonusa Surakarta, Mengajak Masyarakat Hidup Sehat

14 Mei 2020 08:25 WIB


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

KARANGANYAR, solotrust.com- Mewabahnya corona berdampak besar pada perilaku kehidupan masyarakat.  Kebiasaan hidup sehat yang ada di masyarakat menjadi perhatian khusus, agar penyebaran wabah ini dapat dikendalikan.  Keadaan menggugah kesadaran dari dosen di Politeknik Indonusa Surakarta untuk berbagi di masa pandemi corona ini. 

Kegiatan yang dilakukan pada Selasa (12/5/2020) di Kelurahan Gedongan, Colomadu ini menjadi bentuk tanggung jawab dosen dalam melaksanakan Tridharma Perguruan tinggi, khususnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat ini merupakan kolaborasi kegiatan yang dilakukan oleh Prodi S1 Manajemen Informasi Kesehatan dan Prodi D3 Mesin otomotif. Dihubungi terpisah, Wadir 1 Bidang Akademik, Edy Susena menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh prodi-prodi di lingkungan Politeknik Indonusa Surakarta untuk memberikan sumbangsih, dan sebagai bentuk kepedulian serta edukasi kepada warga masyarakat.



Dosen S1 terapan Manajemen Informasi Kesehatan, Agustyarum Pradiska Budi mengatakan, kegiatan yang diakukan diharapkan bisa memberikan edukasi langsung yang bisa diterima oleh warga.  Ditambahkan pula, kesadaran masyarakat saat ini perlu ditingkatkan, tidak hanya dalam kasus pandemi corona, melaikan penyakit lain yang disebabkan oleh nyamuk ataupun perilaku yang sering diabaikan oleh masyarakat.

“Di tengah pandemi corona ini, masyarakat tanpa sadar mengabaikan penyakit yang juga mengancam kesehatan, misalnya Demam Berdarah dan mengabaikan etika bersin dan batuk,” ujarnya.

Selain sosialisasi, dalam kegiatan ini juga dilakukan pembagian masker gratis dan menyerahkan wastafel portabel hasil karya dosen D3 Mesin Otomotif, Onery Andy Saputra yang diterima oleh Syaiful, perangkat kelurahan Gedongan. Dalam keterangannya, Onery berharap alat yang diberikan dapat bermanfaat bagi warga, sekaligus untuk menunjukkan bahwa Politeknik Indonusa Surakarta bisa memberikan kontribusi nyata dengan membuat terobosan dan inovasi yang langsung dapat dimanfaatkan masyarakat.  Ditambahkan Onery, kegiatan ini melibatkan mahasiswa sebagai media pembelajaran dan melatih kepekaan mahasiswa.  Warga memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini, dan diharapkan kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com