Senin , 25 Mei 2020

Pentingnya Kesehatan Mental Orang Tua saat Mengajar Anak di Rumah

18 Mei 2020 06:08 WIB


Ilustrasi.

JAKARTA, solotrust.com- Kesehatan mental orang tua adalah kunci utama mendampingi anak menjalani proses belajar dari rumah. Menurut Lady Noor Chita, salah satu pendiri Ibunda.id, layanan psikologi daring untuk orang tua, mendidik anak belajar dari rumah memang menantang dan berpotensi menimbulkan stres. Pihaknya menerima banyak laporan masalah psikologis orangtua yang kini harus menerapkan peran ganda dalam rumah.

Chita menegaskan penting membagi waktu yang jelas bagi anggota keluarga, jam berapa orang tua mendampingi anak belajar di rumah, dan jam berapa orang tua bekerja. Selain itu, perlu dibiasakan pula batasan waktu yang sudah dikomunikasikan dengan semua anggota keluarga.



"Suami dan istri harus membagi beban, untuk meminimalisir masalah dan beban,” terang Chita.

Selain pembagian tugas, Chita menegaskan orang tua juga perlu mengambil jeda dari aktivitas di rumah. Dia menegaskan jangan sampai orang tua terlalu sibuk mengurus anak, rumah tangga, dan tidak memiliki waktu sendiri untuk mengerjakan hobi.

“Harus ada jedanya, jangan nonstop kerja, masak, puasa, mengurus anak, harus ada jeda agar tidak menjadi bom waktu berupa kemarahan dan stres,” ungkap Chita. #teras.id

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com